Home Lintas Jateng Masyarakat Diminta Jangan Takut Mendonorkan Darahnya

Masyarakat Diminta Jangan Takut Mendonorkan Darahnya

595
Bupati Purbalingga menyerahkan piagam penghargaan bagi instansi teladan penyelenggara donor darah teladan periode tahun 2014-2015. (BJ33)

Purbalingga, 21/12 (BeritaJateng.net) – Dalam upaya membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga menyediakan ketersediaan darah, serta untuk membentuk kelompok baru pendonor darah, masayarakat diminta jangan takut untuk menyumbangkan darahnya. Dengan meningkatnya jumlah kelompok atau masyarakat yang mau menjadi pendonor darah, kebutuhan serta persediaan darah akan tercukupi.

“Diharapkan, pendonor juga dapat menyebarkan informasi tentang manfaat donor serta meluruskan anggapan masyarakat tentang ketakutan akan donor darah. Sehingga hal tersebut akan membantu PMI dalam meningkatkan kegiatan donor darah dan membentuk kelompok baru di wilayah masing-masing dan ketersediaan stok darah PMI Purbalingga tercukupi,” kata Ketua Penyelenggara Kegiatan Temu Donor Darah Sukarela (DDS) Ke 25 Kali PMI Kabupaten Purbalingga Tahun 2015 Jusi Febrianto, Senin (21/12).

Menurut Jusi, dengan tema, “Thank You For Saving My Life” ( Terima Kasih Telah Menyelamatkan Nyawaku) donor darah bisa memberikan pertolongan bagi sesama manusia.

Dengan harapan dapat memperkuat semangat masyarakat untuk bersama-sama PMI beramal dalam kegiatan kemanusiaan yang langsung kepada masyarakat. Selain itu, dengan mendonorkan darah, ibaratnya setetes darah tersebut adalah merupakan kehidupan bagi orang lain.

“Tema tersebut juga merupakan ungkapan penghargaan kepada pendonor yang telah ikut penyebaran aksi kemnausiaan sekaligus menegakkan nilai-nilai kepalangmerahan yang berkelanjutan, untuk membantu umat manusia di dunia tanpa memandang suku, bangsa, agama dan ras,”tuturnya.

Sedangkan tujuan dari kegiatan tersebut, tambah Jusi, adalah sebagai bentuk apresiasi tertinggi serta ucapan terima kasih yang diberikan oleh Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Purbalingga untuk para pendonor rutin maupun pendonor dari sekolah sebagai penyelenggara kegiatan donor darah.

Selain itu, dengan kegiatan tersebut juga diharapkan pendonor rutin di Kabupaten Purbalingga akan meningkat serta akan terjalin kerjasama yang baik antara pendonor dan sekolah dengan PMI.

Sedangka dalam temu donor darah tersebut UDD PMI Kabupaten Purbalingga memberikan penghargaan kepada pendonor darah rutin yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 25 kali serta memberikan piagam penghargaan untuk 10 instansi dan 10 institusi pendidikan teladan dalam penyelenggaraan donor darah untuk periode tahun 2014-2015.

Kesepuluh instansi tersebut adalah Kodim 0702 Purbalingga, PT Bintang Mas Triyasa, Lanud Wirasaba, PT Mitra Karya Tri Utama, PT Sung Shim International, Polres Purbalingga, PT Royal Koriindah, PMI Ranting Kecamatan Karanganyar dan PD BPR BKK Purbalingga serta Rumah Sakit Nirmala.

Sedangkan penyelenggara donor dari institusi pendidikan ada sepulh yaitu UKM KSMPA Titik Nol Fakultas Teknik Unsoed, SMKN 1 Kaligondang, SMKN 1 Kutasari, SMKN 2 Purbalingga, SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga, SMAN 1 Bobotsari, MAN Purbalingga dan SMAN 1 Kejobong serta SMAN 1 Kutasari juga SD Purba Adhi Suta.

Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo mengapresiasi kepada pengurus PMI cabang Purbalingga yang selama ini sudah mengelola dengan baik dan lancar. Menurutnya, dengan tema Terima Kasih telah menyelamatkan nyawaku”atau “Thank you for saving my live” sangatlah tepat.

“Karena dengan donor darah bisa memberikan pertolongan bagi sesama manusia. Selain itu, dengan mendonorkan darah diibaratkan setetes darah adalah kehidupan bagi orang lain,”tuturnya.

Berdasarkan data dari UTD PMI Kabupaten Purbalingga, sampai dengan 19 Desember Tahun 2015, tercatat sebanyak 9.100 kantong darah. Untuk perolehan tahun 2014 tercatat 9.193 kantong darah, sedangkan sampai akhir Desember ini masih ada 11 kegiatan dengan perkiraan perolehan sebanyak 250 kantong darah, sehingga perkiraan tahun 2015 minimal memperoleh 9.350 kantong darah. (BJ33)