Home Lintas Jateng Masuk Musim Hujan, Disdik Semarang Minta Kepsek Cek Kondisi Sekolah

Masuk Musim Hujan, Disdik Semarang Minta Kepsek Cek Kondisi Sekolah

350
Kepala Sekolah SDN 04 Ngalian Tunjukan Kerusakan Pada Gedung Sekolah

Semarang, 6/1 (BeritaJateng.net) – Dinas Pendidikan Kota Semarang mengimbau agar setiap kepala sekolah mulai memeriksa bangunan sekolahnya. Hal ini sebagai antisipasi awal jelang musim penghujan pada tahun ini.

“Kami mengimbau kepsek memeriksa secara seksama kondisi bangunan gedung sekolah masing-masing,” papar Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Disdik Kota Semarang, Hidayatullah Imam Prasetyo, di kantornya.

Menurutnya, musim penghujan di tahun ini akan segera tiba. Hal tersebut dibuktikan dengan hujan yang saat ini mulai terjadi di Kota Semarang, meski hingga saat ini intensitasnya belum tinggi.

Menurut Hidayatullah, pengecekan dilakukan agar sekolah tak kebanjiran maupun mengalami kebocoran yang bisa merusak alat-alat elektronik maupun berkas-berkas penting sekolah.

“Pengecekan utamanya kondisi struktur bangunan, atap serta genteng, dan plafon sekolah,” imbuh dia.

Selain itu menurutnya Disdik Kota Semarang mengimbau kepala sekolah masing-masing untuk melakukan pengamanan, terutama barang-barang aset sekolah.

Artinya barang-barang aset sekolah perlu ditempatkan di tempat yang jauh dari jangkauan air hujan.

“Harus aman dari kebocoran maupun juga kebanjiran,” lanjutnya.

Pihaknya juga mendorong pihak sekolah melakukan bersih-bersih sekolah agar tidak ada air yang menggenang di sekitar sekolah.

Lebih jauh, ia menjelaskan bila di sekolah di Kota Semarang terdapat kerusakan-kerusakan infrastruktur semisal bangunan, agar segera melaporkannya ke Disdik Kota Semarang.

“Untuk kategori rusak ringan bisa diperbaiki melalui pembiayaan dana BOS sesuai ketentuan. Bila kerusakannya termasuk kategori rusak sedang dan berat agar segera melaporkan ke kami untuk penanganan lebih lanjut,” paparnya.

Sementara Kepala Disdik Kota Semarang Gunawa Saptogiri menjelaskan, imbauan secara berkala akan terus dilakukan. Agar, sekolah dapat bersiap jika musim penghujan datang.

Terlebih menurut Gunawan di musim penghujan sebelumnya, sekolah berpotensi terkena rob di Semarang ada 7 sekolah.

“Imbauan terus ada. Beberapa sekolah yang potensial terkena rob seperti SMP Negeri 34 Semarang. Sekolah tersebut sudah dilakukan peninggian gedung sebagai langkah antisipasi,” paparnya.