Home Lintas Jateng Masa Tanam Tembakau di Temanggung Mundur

Masa Tanam Tembakau di Temanggung Mundur

image

Temanggung, 17/3 (Beritajateng.net) – Masa tanam tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mundur karena hingga pertengahan Maret 2015 curah hujan masih tinggi.

“Masa tanam tembakau secara mayoritas mundur, karena sampai sekarang masih banyak hujan. Namun beberapa daerah di kawasan atas di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro sudah tanam,” kata petani tembakau asal Lamuk, Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Subakir di Temanggung, Selasa (17/3).

Ia menuturkan biasanya pertengahan Maret sudah mulai tanam, tetapi karena pengaruh cuaca kemungkinan masa tanam tembakau tahun ini baru awal April mendatang.

“Kami menyesuaikan saja, menurut BMKG curah hujan bulan ini masih tinggi. Mudah-mudahan pada masa tanam kali ini cuaca bersahabat tidak terjadi anomali cuaca,” katanya.

Sekteraris Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Temanggung, Agus Setyawan mengatakan luas area tanam tembakau tahun ini diperkirakan masih sama tahun lalu sekitar 14.000 hektare.

“Petani sudah siap menyambut masa tanam tembakau dan berharap pihak pabrik rokok agar mengcover hasil panen petani, khususnya di Temanggung. Sekarang daerah atas sudah mulai tanam dan kelihatanya musimnya akan lebih baik dari pada tahun lalu,” katanya.

Ia mengatakan, para petani saat ini masih menggunakan bibit tembakau jenis kemloko yang dikenal berkualitas bagus dan relatif tahan terhadap cuaca.

Menurut dia meskipun saat ini belum ada pernyataan pihak pabrik tentang kuota pembelian tembakau, petani berharap harga bukaan awal tembakau nanti di atas Rp25.000 per kilogram.(ant/BJ)

Advertisements