Home Headline Marwan Jafar : Pengawasan Desa ada di KDPDTT

Marwan Jafar : Pengawasan Desa ada di KDPDTT

Marwan-Jafar
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar

Jakarta, 1/2 (Beritajateng.net) – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan semua pengawasan mengenai desa ada di kementeriannya yakni Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT).

“Lima hari keputusan presiden mengenai Satuan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) KDPDTT telah ditandatangani,” ujar Marwan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu.

Keppres tersebut mengenai pembagian kerja di kementerian tersebut, yang mana KDPDTT memiliki enam dirjen, satu irjen, satu badan, satu sekjen, dan lima staf ahli.

Jumlah tersebut lebih ramping jika dibandingkan periode sebelumnya yang memiliki sembilan dirjen.

“Dirjen pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan kawasan, masuk ke dalam KDPDTT. Jadi segala sesuatu yang menyangkut pengawasan ada di KDPDTT,” katanya menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Marwan menargetkan setidaknya 40.000 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa terbentuk dalam dua tahun ke depan.

“Kesalahan fatal pejabat pembangunan masyarakat desa pada pemerintahan sebelumnya, kurangnya kepedulian pada desa. Dari 4.000 BUMDes yang ada, yang aktif hanya 1.200 BUMDes,” katanya menjelaskan.

BUMDes, lanjut Marwan, adalah solusi paling benar untuk mengelola seluruh transaksi ekonomi desa baik internal ataupun eksternal.

Selain dana desa dari pusat (APBN), desa juga mendapatkan alokasi dana desa (ADD) dari kabupaten.

Oleh karena itu, Menteri Marwan mendorong agar dana desa diprioritaskan untuk pembentukan BUMDes, sedangkan desa-desa yang telah memiliki BUMDes agar dana desa dijadikan tambahan modal kerja.(ant/Bj02)