Home Advertorial Manfaat Serai, Daun Salam dan Labu Air untuk Obati Beragam Penyakit

Manfaat Serai, Daun Salam dan Labu Air untuk Obati Beragam Penyakit

180
0
Tips sehat dari Pakar Herbal Indonesia Bunda Halimah.
***Tips Sehat dari Bunda Halimah Pakar Herbal Indonesia
        Semarang, 13/11 (BeritaJateng.net) – Siapa yang tak tahu daun Salam, Sereh atau serai dan labu air ini. Bahan-bahan ini sering dijumpai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia. Tapi tahukah kamu khasiat yang terkandung dalam aneka rempah ini? Ya.. Bunda Halimah, Pakar Herbal Indonesia akan mengulasnya dan memberikan tips kesehatan dari Daun Salam, Serai dan Labu Air.
        Daun Salam atau tumbuhan yang memiliki nama latin Syzygium polyanthum selain digunakan sebagai bumbu masak, juga kerapkali digunakan sebagai obat tradisional.
         “Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun salam, diantaranya Diare, Maag, Kencing manis, Mabuk akibat alkohol, asam urat, hipertensi, membantu menurunkan kadar gula dan kolesterol,” kata Bunda Halimah Pakar Herbal Indonesia, Senin.
        Kandungan yang terdapat dalam Daun Salam tak perlu diragukan lagi, daun salam memiliki senyawa berupa vitamin C dan Vitamin B kompleks yang sangat berguna dalam penyembuhan asam urat. Selain itu daun salam juga mengandung Minyak atsiri (0,05 %) mengandung sitral dan eugenol, tanin dan flavonoida.
          Tak hanya Daun Salam, Serai juga memiliki khasiat yang sama pentingnya bagi kesehatan.
        Serai atau Sereh termasuk tanaman rumput  bernama latin Cymbopogon Citratus. “Manfaat serai dan cara pengolahannya telah digunakan sejak dahulu sebagai bahan pengobatan tradisional. Aroma harum yang keluar dari batang dan daun serai juga dimanfaatkan untuk memasak hingga pengobatan tradisional,” imbuh Bunda Halimah.
        “Serai ini bisa bermanfaat sebagai obat penurun tekanan darah, membantu menurunkan gula darah, mengurangi kadar kolesterol, bahkan Ekstrak minyak serai mengandung 65 hingga 85 persen senyawa Citral yang digunakan sebagai anti-kanker yang dapat membunuh pertumbuhan sel kanker,” katanya.
Manfaat Serai, Daun Salam dan Labu Air untuk Obati Beragam Penyakit

Tanaman selanjutnya yang memiliki segudang manfaat yakni Labu Air. Tanaman ini banyak mengandung zat serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti Polifenol, sponin, kalsium, dan Vitamin C.

 
          Jenis sayuran buah ini memiliki bentuk yang lonjong, hampir mirip dengan alpukat dan memiliki warna kulit hijau yang mana dagingnya berwarna putih dan memiliki bentuk yang lembut.
 
        Kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan buah sayuran ini sebagai sayuran mentah atau di tumis. Tapi, meski demikian, mengkonsumsi labu air mentah dan sudah diolah tidaklah mempengaruhi khasiat yang terkandung di dalamnya bagi kesehatan, seperti mengobati panas dalam, menurunkan demam pada anak, mencegah kolesterol, membersihkan paru-paru dan membantu menurunkan gula darah. Mulai dari daging labu hingga bijinya dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. 
 
         Dari ketiga bahan tersebut, Bunda Halimah memberikan tips cara menurunkan kadar gula dengan cepat dan mengobati panas dalam atau radang dengan mengolah Daun Salam, Serai dan Biji Labu Air menjadi ramuan herbal. 
 
Bahan :
– Daun sala 3 lembar.
– Akar daun salam 3 ikat.
– Buah daun salam (buah yang berwarna merah) 3 buah.
– Serai lengkap dengan akarnya 3 buah.
– Biji labu air dan akar dari labu air secukupnya.
– Sejumput garam.
– Air 600 cc
Rebus semua bahan menjadi satu, kemudian air rebusannya diminum secara teratur 3 kali sehari.
         “Insyaallah, bahan-bahan tersebut bisa menurunkan kadar gula dengan cepat dan mengobati penyakit panas dalam radang,” ujar Bunda Halimah.
(Bj/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here