Home Headline Maling yang Dikabarkan ‘Sakti’ itu Ternyata Bernama ‘Sela’

Maling yang Dikabarkan ‘Sakti’ itu Ternyata Bernama ‘Sela’

Semarang, 31/1 (BeritaJateng.net) –  Seorang pria bernama Selo Lukito warga Jalan Plampitan 157 Semarang terpaksa diamankan Polisi. Pasalnya, pria berumur 45 tahun itu kepergok saat hendak mencuri di salah satu rumah milik warga di Jalan Jomblang Legok, Kecamatan Candisari, Semarang, Minggu (31/1) siang.

Selo diketahui kepergok saat akan mengambil sebuah tas milik Katno (55), sekitar pukul 10.00 WIB pagi tadi. Seorang saksi bernama Jusli (28) yang memergoki pelaku, mengatakan tas yang diambilnya tesebut merupakan milik salah satu saudaranya yang dititipkan di rumahnya.

“Waktu itu saya masih nonton televisi. Posisi tasnya ada di samping bawah dekat pintu rumah. Belum sempat ambil lainnya, sudah saya pergoki. Untungnya tidak ada barang berharga di dalam tasnya,” ujar saksi yang juga keponakan Katno.

Mengetahui kabar adanya pelaku pencurian yang tertangkap, warga sekitar pun penasaran dan berdatangan ke rumah Katno. Geram melihat aksi pelaku, sejumlah warga pun sempat memukulinya. Beruntung, tak sempat jadi bulan-bulanan masa, anggota kepolisian dari Sektor Candisari Semarang dengan sigap datang ke lokasi kejadian untuk mengamankan pelaku.

“Orangnya (pelaku) jalan kaki. Ketika digeledah tidak ditemukan identitas sama sekali. Tadi juga sempat dipukuli, tapi tidak lama berselang Polisi datang dengan membawa mobil kancil. Lalu dibawa ke Mapolsek Candisari,” kata Jusli.

Jusli menyakini, pelaku yang tertangkap ini adalah pelaku pencurian yang selama ini kerap beraksi di daerah tempat tinggalnya. Bahkan, beberapa warga menduga, pencuri ini mempunyai ‘ilmu hitam’, yang konon sanggup ‘menghilang’. Dugaan tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, ulah pelaku yang sempat menggegerkan warga pada awal bulan Januari itu bisa lolos, meski puluhan warga dan sejumlah anggta Polisi sudah mengepungnya.

“Kalau saya lihat kayaknya pelaku yang kemarin itu mas,” terang Jusli.

Sementara itu, Kapolsek Candisari Semarang, Iptu Dhayita Daneswari saat dihubungi, menyatakan masih berusaha mendalami kasus ini. Pihaknya masih memintai keterangan dari sejumlah saksi, untuk mengetahui sejauh mana pelaku ini pernah melakukan aksi serupa.

“Kami amankan di Mapolsek untuk proses penyelidikan,” ungkap Dhayita.

Namun siapa sangka, pelaku yang konon ‘sakti’ itu ternyata seorang waria yang mengaku bernama Sela. Saat ditanya petugas, dirinya mengaku mengambil tas itu hanya digunakan untuk ‘macak’ atau ‘dandan’. Selain itu, Selo juga mengatakan dirinya sebagai seorang tukang pijat panggilan.

“Saya tadi lewat situ, terus ambil tas itu cuma mau tak pakai tasnya buat dandan. Dulunya saya lama kerja di salon. Kalau malem nama saya Sela,” akunya saat di Mapolsek Candisari Semarang.

Hingga kini, pelaku Selo Lukito masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Candisari Semarang. Warga Jomblang Legok yang masih penasaran dengan sosok pelaku pun masih terus berdatangan di Mapolsek Candisari Semarang untuk melihatnya. (Bjt02)