Home Nasional Mahkamah Partai Sahkan Golkar Munas Jakarta

Mahkamah Partai Sahkan Golkar Munas Jakarta

golkar

Jakarta, 4/3 (BeritaJateng.net) – Partai Golkar pimpinan Agung Laksono melaporkan putusan Mahkamah Partai Golkar kepada Kemenkumham, di Jakarta, Rabu siang, untuk memohon pengesahan kepengurusan partai.

“Kami baru saja selesai menyampaikan surat pengesahan kepengurusan Munas Ancol yang diputuskan Mahkamah Partai Golkar. Yang terima tadi ibu Dirjen AHU (Administrasi Hukum Umum ,Harkristuti Harkrisnowo) dengan pak Direktur dan Kasubdit, nanti akan disampaikan ke pak Menteri Hukum dan HAM (Yasonna Laoly) karena saat ini beliau masih di Istana,” ujar Ketua DPP Bidang Hukum Partai Golkar Laurens Siburian seusai pelaporan di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Rabu.

Laurens mengharapkan Kemenkumham segera memproses permohonan pengesahan kepengurusan partainya. Sebab banyak hal yang harus dilakukan oleh Golkar, untuk konsolidasi menuju Munas 2016 dan Pemilu 2016.

“Kita minta pak Menteri secepatnya mengesahkan,” jelas dia.

Laurens menekankan berdasarkan putusan Mahkamah Partai Golkar, pihaknya merupakan pengurus Golkar yang sah saat ini. Meskipun dari putusan mahkamah tersebut, empat hakim memiliki perbedaan putusan, namun kata dia, tidak ada satu pun hakim yang menyebut kepengurusan hasil Munas Jakarta tidak sah atau mengesahkan hasil Munas Bali.

“Jadi putusan Mahkamah Partai jelas mengesahkan Munas Jakarta. Kecuali kalau ada hakim yang memutuskan Munas Jakarta tidak sah, atau ada yang mengesahkan Munas Bali, itu baru bisa dibilang putusan imbang,” kata dia.

Pada kesempatan itu Golkar pimpinan Agung Laksono juga menyerahkan struktur kepengurusan hasil Munas Jakarta, dengan total pengurus 288 orang. Nantinya kubu Agung Laksono akan segera merangkul kubu Aburizal Bakrie untuk masuk kepengurusan Partai Golkar asalkan memiliki kriteria prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela (PDLT).

“Banyak yang diakomodasi. Asalkan sesuai kualifikasi,” jelas dia.

Ditanya soal jabatan untuk Aburizal Bakrie, Laurens menyebut hal itu tergantung dari perundingan lanjutan nanti.

Sementara itu terkait upaya kasasi yang diajukan kubu Aburizal Bakrie ke Mahkamah Agung terkait kewenangan PN Jakarta Barat, Laurens meyakini MA akan menyatakan bahwa PN Jakarta Barat memang tidak memiliki kewenangan menyelesaikan perselisihan Golkar, atau dengan kata lain bakal mengembalikan kepada putusan Mahkamah Partai Golkar.

“Silahkan kasasi, saya yakin putusannya sama yaitu (PN Jakbar) tidak berwenang,” kata dia.

Pada Selasa (3/3), empat hakim Mahkamah Partai Golkar mengeluarkan putusan berbeda terkait dualisme kepengurusan partai beringin.

Dua hakim yakni Djasri Marin dan Andi Mattalatta memutuskan mengesahkan kepengurusan Golkar pimpinan Agung Laksono. Sementara dua hakim lain yakni Muladi dan HAS Natabaya hanya memberikan putusan rekomendasi terkait proses kasasi yang ditempuh kubu Aburizal Bakrie di Mahkamah Agung.

Kubu Agung Laksono merasa putusan Mahkamah Partai Golkar telah mengesahkan kepengurusannya. Sementara kubu Aburizal Bakrie menilai Mahkamah Partai Golkar mempersilahkan proses hukum di MA dan pengadilan diteruskan. (ant/BJ)

Advertisements