Home Headline Mahasiwa KKN Undip Motivasi Warga Bangun Industri Pangan

Mahasiwa KKN Undip Motivasi Warga Bangun Industri Pangan

626

SEMARANG, 5/2 (Beritajateng.net) – Kekayaan ragam hayati khususnya tanaman pangan di Desa Nyemoh Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang cukup besar. Potensi ini kalau dikembangkan dengan optimal bisa menjadi sumber perekonomian warga dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melihat potensi kekayaan tanaman pangan tersebut, tim Mahasiswa KKN Undip di Desa Nyemoh mengadakan pelatihan pengolahan bahan pangan menjadi makanan jadi dan memiliki nilai jual tinggi.

“Selama ini masyarakat masih menjual bahan makanan seperti Jagung langsung tanpa diolah terlebih dahulu,” ungkap M Arrafi Lazuardi Kordes KKN Undip di Desa Nyemoh, Rabu (5/2).

Arrafi menjelaskan, pelatihan pengolahan bahan makanan yang dilakukan tim KKN yang berjumlah 6 orang mahasiswa di Nyemoh adalah mengolah Jagung dan Telor (hasil ternak ayam) menjadi makanan ringan yaitu Stick Jagung dan Abon Telur.

“Jagung dan Telur yang diolah menjadi Stick Jagung dan Abon Telur memiliki nilai jual tinggi dan bisa meningkatkan nilai ekonomi bangi masyarakat,” katanya.

Selain memiliki nilai ekonomi tinggi, Stick Jagung merupakan makanan ringan sehat serta memiliki banyak manfaat, baik untuk pencernaan, mencegah anemia, sumber energi dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan Jagung serta bahan pendukung untuk membuat Stick Jagung seperti Tepung Terigu, Telur, Bawang Putih, Lada dan Garam memiliki kandungan gizi yang tinggi.

“Sementara itu Abon Telur sebagai produk olahan lauk memiliki cita rasa yang enak dan banyak manfaat, salah satunya sebagai sumber protein,” jelasnya.

Pelatihan pengolahan pangan tersebut disambut antusias masyarakat, mereka mengharapkan agar pelatihan seperti ini dilakukan secara kontinyu oleh pihak pihak terkait terutama mahasiswa KKN. Selain pengolahan makanan, pelatihan tersebut juga diisi dengan motivasi home industry dan cara pemasaran yang tepat.

Tim Mahasiswa KKN di Desa Nyemoh terdiri dari M Arrafi Lazuardi Kalutas Teknik (Teknik Mesin), Naufal Khasanah Fakultas Kedokteran Masyarakat (Ilmu Kesehatan Masyarakat), Nabilla Arivianti Fakultas Ilmu Budaya (Ilmu perpustakaan), Ahmad Zaky Ilham Fakultas Ilmu Budaya (Ilmu Sejarah), Mutiara Briliana Z Fakultas Peternakan dan Pertanian (Peternakan) dan Iriani Sekar Dewi Fakultas Teknik (Teknik Arsitektur).

(NK)