Home Ekbis Mahasiswa UPGRIS Ciptakan Aplikasi Pemilu

Mahasiswa UPGRIS Ciptakan Aplikasi Pemilu

3835
0

Semarang, 22/03 (Beritajateng.net) – Tiga mahasiswa UPGRIS Semarang, siang tadi, Kamis 22 Maret 2018, memperlihatkan Aplikasi Gopil. Mereka adalah Khoirul Huda, mahasiswa semester 4, Ade Fajar Ariav, juga mahasiswa semester 4, program studi Informatika serta Hervinda Kurniawati, mahasiswa semester 2.

Menurut Khoirul Huda, aplikasi Gopil dirancang oleh 3 tim mahasiswa UPGRIS. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah para pemilih di pemilu nanti. “Mereka yang melakukan pencoblosan bisa melakukan pencoblosan dengan menggunakan aplikasi Gopil ini. Bahkan mereka yang tinggal di luar negeri dapat dengan mudah mengikuti pesta demokrasi pemilihan umum nanti,” terang Khoirul Huda.

Aris Trijaka selaku dosen pembimbing para mahasiswa itu mengatakan, aplikasi yang diciptakan mahasiswanya ini bisa juga disebut pencoblosan paperless, atau pencoblosan tanpa kertas. “Bila aplikasi ini bisa digunakan, maka masa depan pemilihan umum akan lebih hemat biaya.Apalagi pencoblosan online ini real time, sehingga data langsung bisa disimpan di bank data KPU misalnya,” ujar Aris Trijaka terkait Aplikasi Gopil ini.

Para mahasiswa berharap karya mereka bisa digunakan di negeri ini di masa depan. (NG/BJ)