Home News Update Mahasiswa Unissula Jadi Delegasi AEC di Thailand

Mahasiswa Unissula Jadi Delegasi AEC di Thailand

mahasiswa Unissula

Semarang, 8/8 (BeritaJateng.net) – Dua mahasiswa semester lima Fakultas Bahasa (FB) Unissula yaitu Faisal  Mansur dan Satiul Komariah terpilih mengikuti international internship project dan cultural exchange ke Thailand yang akan dimulai hari ini, Sabtu (8/8).

Project tersebut turut di support oleh Akhil Education Centre (AEC) Indonesia dan Daala International Volunteers for Social Development Association Thailand.

Kegiatan AEC Daala ini merupakan pertemuan tahunan mahasiswa dari seluruh dunia yang kali ini diselenggarakan di Thailand dengan mengusung tema Creative: Non-formal English teaching and Cultural Exchange.

“AEC akan diikuti 200 mahasiswa dari seluruh dunia yang masing-masing setiap 10 anak mewakili 1 negara. Sehingga akan ada 20 negara yang turut serta dalam kegiatan internasional ini diantaranya yaitu negara-negara yang tergabung dalam kelompok ASEAN,” ungkap Faisal yang juga peraih beasiswa Cerdas Sultraku.

Mereka terpilih sebagai  perwakilan dari AEC Indonesia setelah melalui proses seleksi nasional yang terbagi dalam dua tahap yaitu writing and speaking test. “Syukur Alhamdulillah dari 10  delegasi AEC Indonesia, yang dua berasal dari Unissula,” ungkap Faisal.

Menurut Satiul Komariah yang juga mahasiswa double degree Prodi Sejarah Peradaban Islam tersebut mengungkapkan kegiatan AEC Daala 2015 kali ini terdiri dari tiga rangkaian kegiatan utama. Pertama, learning in meeting point (LMP) berlangsung pada 10 Agustus-16 September 2015 di La Ngu, Bangkok.

Dalam event ini kami akan mengikuti workshop dan diskusi bertaraf International mengenai “Educational System by Islamic practices” yang membahas mengenai berbagai sistem pengajaran dengan metode islami yang telah teraplikasikan di berbagai belahan dunia.

Sementara itu untuk International Internship II yaitu kegiatan sosial berupa mengajar siswa MI-MTs-MA yang berlangsung pada 17-31 September 2015 di Satun province.

“Kami terpilih sebagai relawan pengajar bahasa Inggris di MTs Jariyadham Islam Mulnithi School, Chalung sub-district, Muang district, Satun sesuai dengan bidang yang telah kami geluti di Unissula,” imbuhnya.

Agenda terakhir yaitu Bangkok Sight Seeing and Cultural Exchange (BSSCE) yang berlangsung pada 1-5 September 2015 mendatang, para peserta akan mengelilingi Bangkok dengan kelompok jalan yang dibagi sesuai dengan keunikan masing-masing.

Pada kegiatan BSSCE, lanjut dia, para peserta juga diharuskan menunjukkan kebolehan adat budaya negara masing-masing setelah melihat secara langsung adat budaya Thailand.

Dalam pelepasan keduanya ke Thailand, Wakil Rektor III Sarjuni., SAg., MHum mengungkapkan pembinaan mahasiswa yang semakin baik juga berimbas pada meningkatnya prestasi mahasiswa.

“Dari waktu ke waktu prestasi mahasiswa semakin meningkat kemarin mahasiswa Unissula berhasil meraih dua medali di Bali Internasional Choir Festival dan kami juga melepas mahasiswa juga ke kancah internasional. Saya kira ini patut diapresiasi karena dengan mengikuti acara seperti itu mereka akan belajar membangun network dan terbiasa berkompetisi,” ujar Sarjuni, Sabtu (8/8).

Dekan Fakultas Bahasa, Hartono SS., MPd juga menambahkan bahwa untuk kesekian kalinya mahasiswa Fakultas Bahasa Unissula mengirimkan mahasiswanya baik secara softskill maupun hardskill telah berlangsung dengan baik.

“Oleh karena itu, ini menjadi penyemangat bagi para calon mahasiswa baru untuk bergabung dengan Fakultas Bahasa Unissula,” pungkas Hartono. (BJT01)