Home Headline Mahasiswa Undip Kembangkan Pariwisata Melalui Pokdarwis

Mahasiswa Undip Kembangkan Pariwisata Melalui Pokdarwis

435

Semarang, 12/2 (Beritajateng.net) – Mengetahui potensi wisata yang cukup besar di Desa Sambirejo Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang, enam orang mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa tersebut berinisiatif mengembangkan pariwisata dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Dengan dibentuknya Pokdarwis tersebut diharapkan mereka aktif mengelola potensi wisata yang ada di desa tersebut. Peran Pokdarwis sendiri tidak hanya mengelola namun sangat kompleks mulai memetakan poptensi, merencanakan, membangun serta mengelola destinasi wisata yang nantinya dibentuk.

“Tentu Harus didukung oleh pemerintah desa agar pengembangannya bisa optimal dan menjadi destinasi unggulan,” ungkap Falian Alfaridzi, Kordes KKN Undip di Desa Sambirejo.

Falian menjelaskan, beberapa potensi wisata yang saat ini terdapat di Desa Sambirejoterbagi dalam dua kelompok yakni wisata alam dan wisata budaya. Potensi wisata tersebut diantaranya Rafting Dadirejo, Tari Reog, Tari Ning Nong, serta Drumblek. Selain itu, terdapat beberapa spot dengan pemandangan bagus.

“Potensi wisata yang dimiliki Desa Sambirejo kalau dikelola dengan optimal bisa menjadi destinasi unggulan yang nantinya menjadi rujukan bagi wisatawan,” jelasnya.

Untuk tahap pertama, mahasiswa KKN yang memfasilitasi pembentukan Pokdarwis berhasil membentuk kepengurusan kelompok tersebut. Terpilih sebagai Ketua Sarwono dan Wakil Ketua Nurdin sebagai wakil ketuanya.

Tim Mahasiswa KKN di Desa Sambirejo terdiri dari Falian Alfaridzi dari Fakultas Teknik (Perencanaan Wilayah dan Kota), Chika Aldila Cahyani dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesehatan Lingkungan), Khairunnisa Febriani dari Fakultas Peternakan dan Pertanian (Teknologi Pangan), Khrisna Rizky Meilarani dari Fakultas Ilmu Budaya
(Antropologi Sosial), Naufal Pratama dari Fakultas Teknik (Arsitektur) dan Riana Anggun Rianti dari Fakultas Ilmu Budaya (Bahasa dan Kebudayaan Jepang).

(NK)