Home News Update Mahasiswa Undip GelarGeology Events of Magmadipa

Mahasiswa Undip GelarGeology Events of Magmadipa

Undip

Semarang, 3/10 (BeritaJateng.net) –
Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) Magmadipa Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan serangkaian kegiatan Geology Events of Magmadipa (GEMA) yang meliputi Seminar Nasional dan Company Expo, Olimpiade Geologi, Magmadipa Megathrust 2015, Geopetra 2015, Life of Petroleum Geologist (LPG) dan Geological Festival. Acaranya sendiri berlangsung dari tanggal 3-11 Oktober 2015.

Sementara, Seminar Nasional dan Company Expo berlangsung dengan mengangkat tema, “Pengembangan Keragaman Sumber Daya Energi Indonesia Guna Mencapai Ketahanan Energi Nasional” di Aula Gedung Teknik Sipil, Universitas Diponegoro Tembalang, Semarang, Sabtu (3/10) siang.

Menurut Ketua panitia, Ridwan Chandra, Seminar Nasional dan Company Expo GEMA 2015 tersaji dengan sistem dan konsep yang berbeda. Terdapat dua panel materi dengan pembicara yang ahli di bidangnya.

“Ada tarian Pembuka dari Tectonoculture of Sundaland. Pertama-tama presentasi Megathrust tim ke-2 dari UGM, presentasi Megathrust tim ke-3 dari Geofisika Unpad, presentasi ke-4 dari Teknik Geologi UGM, dan presentasi Megathrust tim ke-5 dari UPN Veteran Yogyakarta,” terangnya.

Selain itu, Ridwan juga menambahkan ada pula pameran poster Megathrust di belakang Aula Teknik Sipil Undip.

Jamal Maarif, Ketua HMTG Magmadipa Undip menjelaskan untuk panel Migas dibawakan oleh Alfi Rusin (Ketua Ikatan Ahli Perminyakan Indonesia) dengan judul “Membangun Energi Negeri dan Kedaulatan Energi”. Kemudian ada pula Darmawan Samsu, BP. Indonesia Head of Country membahas mengenai ‘Tangguh LNG’. Presentasi panel migas terakhir dibawakan oleh  Sigit Rahardjo (Vice President PT. Pertamina UTC).

“Sedangkan untuk panel Non Migas dibawakan oleh Supriatna Suhala (Direktur Eksekutif APBI-ICMA), presentasinya membahas mengenai Gambaran Industri Batubara. Diikuti presentasi tentang Potensi dan Optimalisasi Pamanfaatan Endapan Batubara dari Perwakilan PT Bukit Asam. Kedua panel tersebut dimoderatori oleh Muharram Jaya P (Explorationist PT. Pertamina EP) dan Aveliasnyah (Ketua Forum Geosaintis Muda Indonesia),” papar Jamal.

Jamal menambahkan, setelah Seminar Nasional, peserta akan mengikuti Company Expo yang terdiri dari Mobil Cepu Ltd. dan Star Energy Geothermal. (BJT01)