Home News Update Mahasiswa Sastra Jepang Ini Temukan Inovasi Kartu Pos Anyar

Mahasiswa Sastra Jepang Ini Temukan Inovasi Kartu Pos Anyar

862

IMG_20150917_205530

Semarang, 17/9 (BeritaJateng.net) – Pengiriman menggunakan kartu pos saat ini sudah jarang dilakukan karena tergeser oleh gadget yang makin hari makin canggih, tetapi semenjak ada website Postcrossing (www.postcrossing.com), kartu pos mulai booming lagi di Indonesia. Kartu pos adalah kartu bergambar yang digunakan untuk surat-menyurat yang dalam proses pengirimannya tidak perlu menggunakan sampul atau amplop.

Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan yang diketuai oleh Ida Mafaza, dan 4 anggota lainnya yaitu Anggi, Arista, Tia, dan Hesti dari jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip, berhasil menemukan inovasi baru dalam bidang kartu pos, yaitu membuat kartu pos bertema Semarangan yang didesain dalam bentuk kartun.

Ide pembuatan kartu pos ini diawali sejak proposal yang diajukan Ida lolos dengan didanai DIKTI dan terus berlanjut hingga dinyatakan berhasil mengikuti ajang PIMNAS atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Sulawesi pada bulan Oktober 2015 mendatang.

“Kartu pos unik ini didesain dengan sofware komputer sehingga menghasilkan desain yang imut dan lucu sesuai dengan selera pasar saat ini. Keunggulan dari kartu pos UPO ini adalah harganya yang murah,” tutur Ida di PKM Undip, Kamis (17/9).

Selain itu, kartu pos UPO memiliki kualitas kertas yang tebal daripada kartu pos yang ada dipasaran, sehingga tidak mudah rusak dan terlipat.

IMG_20150917_205612

“Kartu pos UPO berbeda dengan kartu pos lain, jika biasanya tipis dan mudah sobek ketika dikirim, disini dapat tas lucu apabila membeli UPO,” kata Vita, salah satu pembeli kartu pos UPO.

Untuk bisa mendapatkan kartu pos ini sangat mudah, para pecinta kartu pos cukup membuka akun sosial media dan search @UPOIndonesia, disana akan tersedia berbagai macam kartu pos yang unik dan menarik yang tidak akan pernah ditemui di pasaran.

Selain itu, Ida juga berharap agar tradisi berkirim kartu pos di Indonesia bisa terus berkembang, dan kartu pos UPO buatannya bisa dijual diseluruh toko buku di Indonesia. (BJT01)

Advertisements