Home Headline Mahasiswa Sastra Inggris Unimus Gelar Pementasan Teater Sitti Nurbaya Multi Bahasa

Mahasiswa Sastra Inggris Unimus Gelar Pementasan Teater Sitti Nurbaya Multi Bahasa

974
Mahasiswa Sastra Inggris Unimus Gelar Pementasan Teater Sitti Nurbaya Multi Bahasa

Semarang, 21/1 (BeritaJateng.net) – Mahasiswa dari program studi Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) unjuk kebolehan memerankan cerita ‘Sitti Nurbaya’ kedalam panggung pertunjukan teater, Jumat (17/1) lalu di Gedung Kuliah Bersama lantai 6 ruang 603, Universitas Muhammadiyah Semarang.

Pementasan seni teater tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan mahasiswa semester 5 prodi Sastra Inggris guna memenuhi ujian mata kuliah Teater.

Kepala Prodi Sastra Inggris Unimus, Heri Dwi Santoso mengatakan, penyelenggaraan pentas seni teater ini sebagai media kreasi mahasiswa sastra untuk mengasah bakatnya dalam bidang seni peran.

Pementasan teater kali ini mengangkat cerita dari novel ‘Sitti Nurbaya’ karya Marah Rusli.

Salah satu mahasiswi Semester 5 Prodi Sastra Inggris Unimus, Anisa menjelaskan alasan cerita ini dipilih dalam ujian mata kuliah teater, karena cerita Sitti Nurbaya selama hanya dikaitkan dengan perjodohan, padahal yang sebenarnya terjadi adalah Sitti Nurbaya menawarkan dirinya sendiri untuk menikahi Datuk Maringgi karena ayahnya tak sanggup melunasi hutang.

Mahasiswa Sastra Inggris Unimus Gelar Pementasan Teater Sitti Nurbaya Multi Bahasa

“Memang benar dicerita ini terjadi kawin paksa, tapi bukan karena perjodohan. Sehingga melalui teater ini, kami berharap dapat meluruskan persepsi masyarakat,” ucap Anisa.

Untuk pemain utamanya semua diambil dari semester 5, sedangkan seluruh mahasiswa Prodi Sastra Inggris lainnya terlibat sebagai panitia dan sebagian sebagai pemeran pendukung.

Menurutnya, ada hal yang menarik dalam pementasan kali ini. Meskipun mengangkat cerita dari Indonesia, para pemain mementaskannya dalam berbagai macam bahasa yaitu Jawa, Madura, Indonesia, dan mayoritas menggunakan bahasa Inggris.

Tak hanya itu, selain pelajar dari Indonesia, penonton yang menyaksikan pertunjukan Sitti Nurbaya kali ini juga merupakan pelajar dari Warga Negara Asing asal Thailand dan Tanzania.

“Ini dapat menjadi langkah penting untuk memperkenalkan karya sastra Indonesia yang kaya akan nilai budaya dan sosial kepada mereka dan khalayak umum di berbagai dunia,” katanya. (AK/El)

Mahasiswa Sastra Inggris Unimus Gelar Pementasan Teater Sitti Nurbaya Multi Bahasa