Home Headline Mahasiswa KKN Undip Optimalkan Bank Sampah

Mahasiswa KKN Undip Optimalkan Bank Sampah

366

UNGARAN, 22/8 ( Beritajateng.net) – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang baru baru ini mengadakan kegiatan Optimalisasi Bank Sampah yang ada di Desa Lopait. Program tersebut dilatar belakangi belum maksimalnya pengelolaan bank sampah oleh pihak Desa.

”Bank sampah ini sempat vakum dan baru mulai aktif kembali pada tahun ini, biasanya setiap dua minggu sekali para warga mengumpulkan sampah-sampah plastik lalu dijual ke pengepul,” ungkap Sri selaku ketua penggerak Bank Sampah Desa Lopait.

Berdasarkan penuturan dari ketua penggerak Bank Sampah Desa Lopait tersebut, sampah-sampah yang terkumpul hanya berakhir dijual pada pengepul, seharusnya sebuah Bank Sampah juga memiliki pengelolaan dan pengolahan sampah agar memiliki nilai ekonomis serta manfaat yang lebih.

Program optimalisasi bank sampah dimanfaatkan oleh mahasiswa Tim KKN Undip untuk melakukan pelatihan pemanfaatan limbah rumah tangga dan non rumah tangga berupa pelatihan pembuatan pupuk cair organik (POC) dari limbah cucian ikan, pelatihan pembuatan bakteri starter dan komposter, pelatihan pembuatan handsanitizer dari limbah kulit jeruk, pelatihan pembuatan digester untuk biogas, pelatihan pembuatan verticulture, hingga pembuatan paving dari limbah plastik dan botol kaca.

“Paving plastic ini sendiri mendapat apresiasi dari perangkat desa dan ikut serta dipamerkan dalam acara Expo Bursa Inovasi Desa Kec.Tuntang pada tanggal 3 Agustus 2019 lalu mewakili produk dari Desa Lopait,” jelas Akbar Wahyu putra Kordes Lopait.

Warga Desa Lopait antusias mengikuti program pelatihan pemanfaatan limbah tersebut. Terutama pembuatan paving dari limbah plastik dan botol kaca yang dirasa paling menarik oleh warga. Dengan begitu diharapkan melalui program optimalisasi Bank Sampah Desa Lopait dapat membuat Desa Lopait menjadi lebih asri, bersih, rapih, serta kelestarian lingkungan lebih terjaga.

Mahasiswa KKN Undip yang bertugas di Desa Lopait adalah Akbar Wahyu Putra, Pandu Yoda Putri Bilqis, Devy Mashulatul Mufidah, Diana Astari, Lillah Zuhrotul Ukhro, Fadila Rahmazeiniar, Muhammad Alvin Gibran, Cindy Chusnul Fiddiniyah, Mustika Zakiyah Daradjat, Kornelius Satria Budiyanto dan Lalita Nabia Ekayanti. Mereka dibawah arahan Dosen Pembimbing Dr. Meiny Suzery, M.S , Dr. Rr. Karlina Aprilia, SE., M.Sc., Ak., CA., CTA, dan Dr.rer.nat. Thomas Triadi P., S.T., M.Eng .

(NK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here