Home Headline Mahasiswa KKN Undip Gerakkan Pembangunan Melalui BUMDes

Mahasiswa KKN Undip Gerakkan Pembangunan Melalui BUMDes

395

SEMARANG, 11/2 (Beritajateng.net) – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang di Desa Kalijambe, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Peran dan Fungsi BUMDes untuk meningkatkan semangat masyarakat membangun desa.

Koordinator KKN Desa Kalijambe, Fahreza Yusril, menyampaikan bahwa sebenarnya Desa Kalijambe sudah memiliki BUMDes yang diberi nama “Sumber Anugerah” namun BUMDes tersebut mati suri hingga saat ini akibat beberapa permasalahan.

“BUMDes disini sudah cukup lama terbentuk, namun saat ini tidak berjalan,” ungkap Fahreza, Selasa (11/2).

Mahasiswa Teknik Elektro ini menjelaskan, Pemerintah Desa Kalijambe kini memiliki keinginan untuk membangun kembali BUMDes Sumber Anugerah, namun di sisi lain, masyarakat belum sepenuhnya memahami dan mengetahui peran, fungsi, serta manfaat BUMDes.

“Kurangnya pengetahuan masyarakat terkait peran dan fungsi BUMDes menyebabkan masyarakat enggan berpartisipasi,” jelasnya.

Sehubungan dengan minimnya pengetahuan tentang BUMDes membuat 7 mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN mengadakan
Penyuluhan Peran dan Fungsi BUMDes.

“Kami ingin masyarakat aware dan terlibat langsung dalam proses pengembangan BUMDes di Desa Kalijambe,” ujarnya.

Penyuluhan Peran dan Fungsi BUMDes dilaksanakan pada Sabtu, (1/2) di Balai Desa Kalijambe. Penyuluhan ini dihadiri oleh Perangkat Desa, perwakilan BPD dan perwakilan dari kelompok masyarakat (Karang Taruna, Kelompok Tani dan (PKK). Penyuluhan peran dan fungsi BUMDes diberikan oleh dosen Fakultas Peternakan dan Pertanian Daud Samsudewa, SPt, MSi, PhD.

Dalam materinya, Daud Samsudewa menyampaikan bahwa BUMDes diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi desa dan pengembangan BUMDes harus diikuti dengan komitmen yang kuat dari seluruh elemen masyarakat.

“Diperlukan juga integritas dari pengurus BUMDes agar masyarakat dapat mempercayakan aset desa dan aset mereka sendiri untuk dikelola oleh BUMDes,” jelasnya.

Tim KKN Undip di Desa Kalijambe terdiri dari Fahreza (Teknik Elektro/Fakutas Teknik), Syarifah Muslimat (Perencanaan Wilayah dan Kota/Fakultas Teknik), Indri Ayu Pradista (Ilmu Perpustakaan/Fakultas Ilmu Budaya), Ulfa Mutiara I. (Sastra Jepang/Fakultas Ilmu Budaya), Nimas Pangestuti (Arsitektur/Fakultas Teknik), Oka Wicaksana Y. (Teknik Perkapalan/Fakultas Teknik), Irhans Fernandus S. (Agribisnis/Fakultas Pertanian dan Peternakan).

(NK)