Home Headline Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Pelatihan Duta Remaja

Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Pelatihan Duta Remaja

274

UNGARAN, 15/8 (Beritajateng.net) – Tim II KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang di Kecamatan Tuntang baru baru ini menyelenggarakan Pelatihan Duta Remaja Kecamatan Tuntang Tahun 2019. Pelatihan Duta Remaja ini merupakan program yang diselenggarakan kerjasama antara BKKBN Provinsi Jawa Tengah dengan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Undip atau yang disebut dengan Puspaku Sejahtera Universitas Diponegoro dan Mahasiswa KKN Kecamatan Tuntang.

Keprihatinan terhadap kondisi remaja desa menjadi alasan Tim II KKN Universitas Diponegoro yang dikoordinatori oleh Kornelius Bagaskoro Wicaksono dengan Dosen pembimbing Dr.Rr Karlina Aprilia Kusumadewi,SE, Dr.Thomas Triadi P,ST,M.Eng. Dan Dr.Meiny Suzery menyelenggarakan program tersebut.

“Edukasi yang terbatas dan rendahnya pemahaman masyarakat desa khususnya remaja terkait kesehatan reproduksi, seks pranikah, HIV/Aids dan narkotika menyebabkan semakin banyak kasus – kasus seks bebas dan narkotika di kalangan remaja. Ketidaktahuan akan dampak yang di timbulkan akibat seks pranikah dan kesehatan reporduksi mengakibatkan maraknya pernikahan dini dikalangan remaja desa,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Bagas ini.

Menurut Bagas, apabila hal ini tidak ditanggulangi maka generasi- generasi muda bangsa Indonesia akan semakin rendah kualitasnya. Maka dari itu kami menyelenggarakan Program Duta Remaja Kecamatan Tuntang ini dengan harapan para duta dapat menjadi pionir dan agen yang mampu mensosialisasikan dan mentransformasi pemahaman masyarakat akan pentingnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, seks pranikah, HIV/Aids dan narkotika. Hal ini dilakukan untuk menunjang pembangunan Sumber Daya Manusia agar seimbang dengan pembangunan infrastruktur yang semakin maju.

Program Duta Remaja Kecamatan diselenggarakan di Aula Kecamatan Tuntang pada pukul 08.00 hingga pukul 13.00. Kegiatan ini diikuti oleh 45 remaja dari setiap Desa di Kecamatan Tuntang serta dihadiri oleh Kepala Kecamatan Tuntang Drs. Lalu Muhamad Maladi, perwakilan Koramil, perwakilan Kapolsek, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Duta Genre Kabupaten Semarang, dan Ketua PPKS – Puspaku Sejahtera Universitas Diponegoro Dr. Hastaning Sakti, M.Kes., Psikolog.

Dengan digelarnya pelatihan ini, Tim II KKN Universitas Diponegoro mengharapkan agar para pemuda menjadi lebih bertanggungjawab membawa perubahan bagi Bangsa Indonesia untuk lebih produktif, aktif, kreatif dan berencana.

“Selempang ini bukan hanya sekedar selempang, tetapi mulai dari saat ini selempang yang ada di pundak teman- teman merupakan tanggung jawab teman- teman. Tanggung jawab untuk bersama- sama membawa perubahan bagi bangsa dengan menjadikan remaja Indonesia Menjadi Remaja yang Berencana, produktif, aktif, dan kreatif ” bebernya.

Selain Program Duta Remaja Kecamatan Tuntang Tahun 2019, Tim II KKN Universitas Diponegoro yang beranggotakan 109 mahasiswa dari berbagai macam program studi, memiliki bermacam program yang diselenggarakan di 10 Desa yaitu Tuntang, Lopait, Ndelik, Kesongo, Candirejo, Jombor, Rowosari, Sraten, Kalibeji, dan Gedangan. Program – program keilmuan dan kemasyarakatan yang diselenggarakan diharapkan berguna untuk masyarakat desa.

(NK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here