Home Headline Mahasiswa KKN Undip Beri Pelatihan Pertanian Aquaponik

Mahasiswa KKN Undip Beri Pelatihan Pertanian Aquaponik

321

UNGARAN, 12/8 (Beritajateng.net) – Mahasiswa yang tergabung dalam tim II KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang di Desa Delik Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang baru baru ini menyelenggaran pelatihan Pertanian Sistem Aquaponik kepada masyarakat terutama pemuda di Dusun Susukan Desa Delik.

“Pertanian Aquaponik merupakan sistem integrasi antara pertanian dan budidaya perikanan. Adapun jenis tanaman yang dapat ditanam yaitu hortikultura sayur-sayuran. Sistem pertanian ini memberikan beberapa manfaat dalam sekali waktu yaitu hasil pertanian dan hasil perikanan sekaligus”, ungkap Edo Khoirul, Kordes Desa Delik, Senin, (12/8)

Kegiatan tersebut diadakan di kolam ikan milik Parmin ketua kelompok budidaya ikan Mina Langgeng dusun Susukan. Pelatihan Aquaponik tersebut meliputi pengenalan alat dan bahan, penyampaian materi sistem pertanian Aquaponik dan praktik pembuatan Aquaponik.

“Pelatihan Aquaponik ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga dusun Susukan dengan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kolam ikan yang dimiliki serta mewujudkan integrasi antara ikan dan tanaman,”jelasnya.

Warga dusun susukan sangat antusias mengikuti pelatihan Aquaponik yang diadakan oleh mahasiswa KKN Undip ini. Parmin menyampaikan rasa syukur serta berterima kasih kepada mahasiswa KKN Undip yang sudah menyelenggarakan program multidisiplin dengan baik.

“Diharapkan masyarakat Desa Delik, khususnya Dusun Susukan dapat menerapkan sistem Aquaponik ini. Saya juga berharap, Aquaponik dapat terus berjalan dan bermanfaat untuk masyarakat”, harapnya.

Tim II KKN Undip Desa Delik yang terdiri dari Muhamad Edo Khoirul Majid, Kania Audrya Sarsa, Reza Siskana Lia, Near Putri Faradila Ayu, Dinda Kusuma Melati, Nabilah Harahap, Rosi Aan Safitri, Boma Bromodipati, Devy Leony Olyvia, Piter Anjas Surbakti, Ilham Rizki Basari. Mereka dimbing oleh 3 dosen pembimbing Meiny Suzery, Karlina Aprilia Kusumadewi dan Thomas Triadi. Selain melakukan pelatihan pembuatan Sistem Aquaponik juga telah dilaksanakan beberapa program monodisiplin dari beberapa fakultas. Antara lain dari Fakultas Hukum, Psikologi, Teknik, Sains dan Matematika, Ekonomika dan Bisnis, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Peternakan dan Pertanian.

(NK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here