Mahasiswa Baru Udinus Tanam Bibit Mangrove dan Cemara Laut

Mahasiswa Baru Udinus Tanam Bibit Mangrove dan Cemara Laut
                 Semarang, 6/9 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 3573 mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengikuti rangkaian acara Dinus Inside 2017, berbagai kegiatan untuk mengenalkan kampus pada mahasiswa baru. Dinus Inside 2017 dibuka dengan kuliah umum yang diberikan oleh Walikota Semarang Hendi Hendrar Prihadi, maka hari ini kegiatan diisi dengan pelaksanaan Udinus Care Conservation, Bakti Sosial di beberapa panti, Dinus Expo, serta orientasi kampus yang dilaksanakan di tiap-tiap fakultas.
                Udinus Care Conservation sendiri memusatkan kegiatannya wilayah Mangunharjo, Kecamatan Tugu. “Tahun ini kami kami menanam 3700 bibit mangrove dan cemara laut dalam kegiatan konservasi untuk menyambut mahasiswa baru,” jelas Dr. Kusni Ingsih selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan yang turut menghadiri kegiatan ini.
               Selain itu, hadir pula Dekan Fakultas Teknik Udinus Dr. Dian Retno Sawitri Ir. MT, Kepala Biro Kemahasiswaan Rindra Yusianto, MT, perwakilan mahasiswa baru dari masing-masing fakultas, perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan, mahasiswa asing, dan para dosen Udinus.
                “Kegiatan ini merupakan salah satu cara Udinus untuk ikut menyelamatkan serta melindungi lingkungan sekitar. Tidak hanya kegiatan akademis saja, namun juga meningkatkan kepedulian sosial, karena aksi kita hari ini akan menentukan masa depan anak cucu kita nantinya,” tambah Kusni Ingsih.
Mahasiswa Baru Udinus Tanam Bibit Mangrove dan Cemara Laut
Mahasiswa Baru Udinus Tanam Bibit Mangrove dan Cemara Laut
                Wilayah Mangunharjo ini memiliki pantai sepanjang 3,3 KM. “Kami memilih menanam cemara laut karena Udinus ingin ikut mencegah abrasi di pantai kota Semarang. Selain cemara laut mempunyai daya tahan yang bagus terhadap air laut, pohon ini juga tahan dengan goncangan angin,” ungkap Achmad Wahid Kurniawan, S.Si, M.Kom selaku Koordinator Konservasi Dinus Inside 2017.
             Selain itu mangrove juga sebagai tempat bersarang dan berteduhnya biota laut, sehingga penanaman yang dilakukan Udinus ini dapat membantu wilayah kelurahan di sekitar Mangunharjo.
             Pada hari kedua Dinus Inside 2017 ini, Dinus Expo dilaksanakan di lingkungan Gedung D kampus Udinus. Dan pada esok hari akan ditutup dengan penampilan band Sheila On 7, untuk menyambut mahasiswa baru dengan suka cita.  (El)

Tulis Komentar Pertama