Home Lintas Jateng Mahangga Unnes Adakan “SPMU Mangkat Bareng”

Mahangga Unnes Adakan “SPMU Mangkat Bareng”

116
0
Ilustrasi
            Purbalingga, 10/6 (BeritaJateng.0net) – Ini kabar gembira bagi lulusan SMA/MA/SMK di Purbalingga yang akan melajutkan kuliah ke Universitas Negeri Semarang (Unnes) lewat jalur ujian mandiri tahun 2017. Mereka tidak perlu repot dan bingung. Pasalnya, Manunggaling Mahasiswa Purbalingga (Mahangga) bakal menggelar “SPMU Mangkat Bareng Mahangga Unnes-Mangkat Bareng, Sukses Bareng”.
            Pendaftaran untuk mengikuti kegiatan ini dibuka sejak 1 Juni lalu dan akan ditutup 1 Juli mendatang, dengan menghubungi Puji, nomor HP 085702211376, atau datang ke Espede Coffee-depan Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga, Jl. Letkol Isdiman Purbalingga, dari jam 17.00 -23.00 WIB.
             Mahangga adalah sebuah organisasi mahasiswa asal Purbalingga yang sedang kuliah di Universitas Negeri Semarang. Sementara SPMU merupakan Seleksi Penerimaan Mandiri Unnes, atau Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes). Yakni seleksi penerimaan mahasiswa baru  dalam bentuk ujian tertulis dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga, yang akan digelar 9-10 Juli mendatang.
           Ketua Mahangga Unnes, Meiseti Awan yang dihubungi, Sabtu (10/6)  mengemukakan, kegiatan ini untuk membantu lulusan SMA/SMK di Purbalingga yang akan melanjutkan ke Unnes lewat jalur mandiri.
Para lulusan SMA/MA/SMK itu yang sebagian besar masih asing dan bingung dengan suasana Kota Semarang, dikoordinir oleh Mahangga, dengan difasilitasi transportasi dari Purbalingga ke Semarang dan sebaliknya menggunakan bus full AC kapasitas 50 seat 2-2, menginap, makan, snack, pendampingan latihan soal SPMU tahun 2016, dan antar jemput ke lokasi test di Kota Semarang.
           “Kegiatan seperti ini sudah jalan selama 12 tahun terakhir ini. Dan untuk tahun 2017 ini kami targetkan diikuti 100 peserta.Tahun 2016 lalu diikuti 28 peserta, dan tahun 2015 diikuti 33 peserta. Bagi adik-adik lulusan SMA/SMK tahun 2017 atau lulusan tahun sebelumnya yang berminat, technical meeting  untuk pemberangkatan akan kami lakukan Rabu (5/7) di Taman Usman Janatin Purbalingga, jam 09.00 WIB,” ujar Meiseti Awan, mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika Unnes angkatan tahun 2014 ini.
           Dijelaskan, biaya untuk mengikuti kegiatan ini Rp 330 ribu untuk yang mengikuti seleksi ujian tulis sehari tanggal 9 Juli, dan Rp 360 ribu untuk yang mengikuti ujian tulis dan uji ketrampilan selama dua hari, 9-10 Juli. Khusus yang mengikuti uji keterampilan, yakni calon mahasiswa baru yang mengambil jurusan olah raga dan kesenian. Pemberangkatan “SPMU Mangkat Bareng Mahangga Unnes-Mangkat Bareng, Sukses Bareng” ini, Sabtu (8/7) jam 12.30 dengan titik kumpul di Alun-alun Purbalingga.
               Selanjutnya untuk yang mengikuti sehari ujian, pulang pada hari Minggu (9/7), titik kumpul dari kampus Unnes Semarang jam 17.00 WIB. Sedangkan yang mengikuti ujian sampai dua hari, karena harus ikut uji keterampilan, pulang hari Senin (10/7), dengan titik kumpul dari kampus Unnes Semarang jam 17.00 WIB. (yit/El)