Home News Update Lutfi Ali Tanding Catur Ke Azerbaijan

Lutfi Ali Tanding Catur Ke Azerbaijan

176
0
Lutfi Ali pemain catur pamitan ke bupati Tasdi dan Wabup Tiwi.

Purbalingga, 25/8 (BeritaJateng.net) – Pecatur asal Purbalingga yang saat ini bergelar Master Internasional (MI), Muhammad Lutfi Ali bertolak ke Azerbaijan untuk mengikuti olimpiade catur internasional dan menargetkan menjadi juara I. Sebelumnya, 10 Agustus lalu, ia telah menjuarai kejuaraan catur Asia Timur U-20 di Korea Utara.

Didampingi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Purbalingga Muhammad Iqsan, Sekretaris KONI Purbalingga Dedi Ambar Santoso, Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Purbalingga yang juga Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga Subeno, Bendahara Percasi Purbalingga Uun Haruliani, Lutfi dan ayahnya, Arifin Soleh berpamitan ke Bupati Purbalingga Tasdi dan Wabup Dyah Hayuning Pratiwi beberapa waktu lalu.

“Targetnya saya menjadi juara dalam kejuaraan itu. Di Azerbaijan, saya bergabung bersama GM Utut Adianto dalam satu tim mewakili Indonesia,” kata pecatur peringkat lima nasional ini.

Jika ia menang, ia akan mendapatkan poin satu untuk memuluskannya meraih gelar Grand Master (GM). Saat ini dia sudah mengantongi poin satu dari hasil menang di Korsel. Sedangkan untuk meraih gelar GM tersebut, pecatur yang saat ini memiliki Elo Rating FIDE 2.414 ini harus mengoleksi poin tiga.

Selain pamit ke Azerbaijan, Lutfi juga pamit untuk mengikuti PON di Jawa Barat beberapa bulan mendatang. Peraih dua medali emas di Sea Games Myanmar lalu ini, menjadi satu-satunya atlet asal Purbalingga dan satu-satunya yang mewakili Jawa Tengah untuk cabang catur. Di PON ia juga ditarget meraih emas.

Bupati Purbalingga Tasdi sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh putra Purbalingga ini. Ia berjanji akan membantunya termasuk atlet lainnya yang mampu menorehkan prestasi membawa nama harum Kota Perwira di kancah nasional maupun internasional. Pada kesempatan itu, bupati memberikan uang saku untuk Lutfi. (BJ33)