Home News Update Lulusan SMP, Siap-siap PPD Online SMA Buka 23 Juni 2015

Lulusan SMP, Siap-siap PPD Online SMA Buka 23 Juni 2015

462
0

 

IMG_20150622_115918

Semarang, 22/06 (BeritaJateng.net) – Geliat Pendaftaran Peserta Didik (PPD) Online jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan di mulai pada Rabu (23/6) pukul 00:00 sudah mulai terasa di beberapa sekolah negeri di Semarang.

Salah satunya di SMA Negeri 2 Semarang, pendaftaran verifikasi berkas yang akan dimulai pada tanggal 24 Juni ini sudah mulai di datangi beberapa orang tua murid. Hingga saat ini terlihat orang tua wali murid sedang sibuk membaca alur pendaftaran di papan informasi tahapan pendaftaran SMA Negeri 2 Semarang.

Waka Kesiswaan, Sularyo., S. Pd., M. Pd., sekaligus yang menangani PPD online di SMA Negeri 2 Semarang menjelaskan segala proses pendaftaran online beserta tahapan sudah tertera jelas di web (ppd.semarangkota.go.id) dari mulai regulasi, jadwal pendaftaran TK, SD, SMP, SMA, SMK ada semua.

“Profil sekolah yang dituju, prosedur pendaftaran, daya tampung, rayonisasi, penanganan dan pengaduan ada. Panduan bagaimana mengisi formulir semuanya ada, mencabut berkas, daftar ulang, legalisir ijazah,” paparnya.

Menurutnya, ketika anak-anak SMP sudah online, akan ada panduan untuk dibawa ke sekolah yang dituju untuk verifikasi, semua sudah dipasang di papan informasi pendaftaran di SMA Negeri 2 Semarang.

Kesulitan biasanya terjadi pada tahap legalisir piagam, karena ada pengujian piagam. Bisa jadi tidak semua sekolah menjelaskan itu.

“Di sekolah kami diarahkan, piagam asli digandakan menjadi 3 lembar, disahkan oleh kepala sekolah, panitia penyelenggara lomba dan dinas pendidikan. Minimal harus ada surat keterangan dari sekolah, legalisir panitia penyelenggara dan legalisir dinas pendidikan. Masalahnya mungkin panitia penyelenggara tidak tanda tangan, tetapi panitia disahkan oleh dinas terkait. Maka segera dirujuk kepada dinas terkait yang mengesahkan lomba. Kemudian setelah sah, diuji di sekolah pilihan pertama,” ungkapnya.

Masalah juga bisa timbul dari siswa yang berasal dari luar kota, misalkan dari eks Karisidenan Kota Semarang, seperti Salatiga, Demak, Ungaran, Kendal dan dari dalam kota tetapi lulusnya sebelum tahun 2015.

Bila siswa berasal dari luar kota begitu memasukkan nilai UN tidak muncul. Maka harus datang ke sekolah untuk meminta nomor khusus. Di SMA Negeri 2 ada admin yang menangani kasus seperti itu.

SMA Negeri 2 menyediakan ruang pendaftaran dalam satu titik di Aula, semua proses ditampung. Pendaftar terlebih dahulu online di rumah masing-masing. “Bila mengalami kendala, kami menyediakan satu ruang kelas untuk membantu masalah pendadtaran online. Dilayani oleh anak-anak ekstra kulikuler. Ada kesulitan bisa ditanyakan pada petugas,” imbuhnya.

Sementara itu, Ani Purwati, wali siswa yang ingin mendaftarkan anaknya di SMA Negeri 2 Semarang, menjelaskan pengalaman adiknya saat mendaftarkan online masuk SMP kendalanya di print outnya.

“Saat online sudah terdaftar, namun ketika diprint datanya belum masuk. Sampai akhirnya, sore harinya baru bisa padahal daftarnya online tercantum no. 17. Setelah di print sudah no. 100. Semoga anak saya besok ketika daftar di SMA Negeri 2 tidak ada kendala,” ungkapnya

Begitu juga dengan Titin Kuraitin, orang tua wali siswa yang telah mendaftarkan anaknya pada tahap verifikasi berkas di SMP Negeri 9 Semarang mengatakan, tidak ada kesulitan dalam pendaftaran online karena sudah familiar dengan internet.

“SMP Negeri 9 mengajak siswanya maju, melatih anak untuk berani, anak yang membawa berkas, menyerahkan sendiri dan diwawancarai banyak hal. Semuanya lancar, di Kota Semarang tidak ada kendala, lain bila di pedesaan,” imbuhnya. (Mg-1)