Home Hukum dan Kriminal LPSK : KPK Harus Lindungi Saksi Hambalang

LPSK : KPK Harus Lindungi Saksi Hambalang

LPSK

Jakarta, 16/1 (BeritaJateng.net) – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalin kerja sama untuk melindungi saksi kasus tindak pidana korupsi Hambalang , Bogor berinisial LLI.

“LPSK menyesalkan tindakan KPK yang akan melindungi saksi kasus Hambalang karena melibatkan lembaga lain,” kata Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai di Jakarta Jumat.

Semendawai mengatakan seharusnya KPK melibatkan LPSK untuk melindungi saksi dan korban berdasarkan amanat undang-undang.

Semendawai menyayangkan langkah KPK yang mengambil semua kebijakan tindakan hukum termasuk dalam hal perlindungan saksi.

“Diharapkan dengan pembagian tugas tersebut maka pelayanan terhadap masyarakat termasuk dalam hal perlindungan saksi dan korban akan semakin optimal,” ujar Semendawai.

Semendawai menegaskan LPSK siap membantu KPK untuk melindungi saksi tindak pidana korupsi yang mendapatkan ancaman.

Semendawai menyebutkan KPK bisa mengirimkan surat kepada LPSK untuk memberikan perlindungan saksi LLI jika berpotensi mengganggu keselamatan jiwanya.

Sebelumnya, empat saksi kasus Hambalang telah meninggal dunia secara ” mendadak” yakni Arief Gunawan, Muchayat (mantan Deputi Kementerian BUMN), Asep Wibowo (Dirut PT Metaphora Solusi Global), dan Ikuten Sinulingga (Direktur Operasi PT Wijaya Karya). (ant/BJ)