Home Hiburan Lopen Putar Film Dokumenter Tan Malaka

Lopen Putar Film Dokumenter Tan Malaka

Suasana pemutaran film 'Tan Malaka' di Studio Mini PIP Semarang
Suasana pemutaran film 'Tan Malaka' di Studio Mini PIP Semarang
Suasana pemutaran film ‘Tan Malaka’ di Studio Mini PIP Semarang

 

Semarang, 07/05 (BeritaJateng.net) – Bukan hanya berkecimpung pada benda dan bangunan bersejarah, komunitas lopen juga mengemas sejarah dalam sebuah pertunjukan film pendek bertajuk ‘Sekolah Tan Malaka Cermin Sekolah Ratyat Dulu dan Kini’ yang diputar di Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) lantai 2, Balaikota Semarang, Kamis (7/5).

Dilatarbelakangi sebuah ide tentang sebuah sekolah masa silam, film yang berdurasi 30 mwnit ini mampu menghipnotis penonton, hingga tak meninggalkan studio mini hingga film usai.

Ketua Komunitas Lopen, Muhammad Yogi Fajri yang merupakan sosok penggagas ide pembuatan film documenter ini pun menjelaskan bahwa film ini berhubungan dengan sejarah sehingga tidak bisa sembarangan dalam memasukkan narasumber.

Menurutnya, di dalam film tersebut dibahas pula Komunitas Harapan, yakni sebuah komunitas yang konsisten dan peduli pada pendidikan anak-anak di Semarang khususnya di kawasan pasar Johar, Semarang.

Salah satu penonton, Gatot mengakui jika pembahasan Komunitas Harapan dalam film tersebut dirasa cukup oleh. Namun, cerita tentang sekolah Tan Malaka sangat minim gambarannya, cenderung berlawanan dengan keadaan dahulu dan sekarang. Harapannya Film Dokumenter Tan Malaka ceritanya bisa lebih membumi dan  peka terhadap lingkungan.

“Harapannya di akhir cerita ada kesimpulan dokumenter, ternyata belum terlihat, narasumber karena dalam cerita hanya satu narasumber saja,” ungkapnya. (Mg-1)

Advertisements