Home Nasional Longsor di Lombok Barat, 4 Orang Tewas

Longsor di Lombok Barat, 4 Orang Tewas

724

Lombok barat, 19/12 (BeritaJateng.net) -Empat orang tewas akibat bencana longsor yang terjadi di Dusun Ladungan, Desa Guntur Macan, Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (19/12) sekitar pukul 03.30 Wita.

“Jenazah keempat sudah diketemukan atas nama Multazam usia 18 tahun,” ujar  Kasi Tanggap Darurat BPBD NTB Agung Pramudya.

Saat ini keseluruhan jumlah korban ada 9 orang. 4 orang meninggal dunia, 2 orang luka berat dirawat di Rumah Sakit dan tiga orang luka ringan dirawat di Puskesmas Gunung Sari.

Korban meninggal dunia atas nama Riswandi (21), Laelatul Hasnah (10), Dahrin (80) dan Multazam (18).

longsor diperkirakan terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Lombok sejak Jumat sore. Akibat kejadian tersebut, empat rumah warga tertimbun longsor.

Selain rumah warga, longsor juga menimbun 1 warung, 2 sepeda motor dan  2 ekor sapi. Material longsor juga menimbun jalan di sekitar lokasi.

Menurut Agung, lokasi di tempat kejadian merupakan daerah rawan longsor dengan kemiringan 45-50 derajat. Kondisi ini diperparah dengan tanahnya yang labil dan berpasir.

Saat ini penanganan darurat longsor masih terus dilakukan oleh BPBD Lombok Barat, BPBD NTB, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan serta masyarakat.

Selain menurunkan alat berat untuk membersihkan sisa longsor, BPBD Lombok Barat juga telah mendirikan tenda darurat dengan radius 300 meter dari lokasi kejadian.

Agung mengimbau kepada masyarakat di sekitar lokasi untuk waspada dan segera mengungsi jika terjadi longsor susulan.(BJ50)​