Home News Update Longsor di Banjarnegara Putus Jalur Utama Desa

Longsor di Banjarnegara Putus Jalur Utama Desa

Jalur akses jalan utama Kabupaten Banjarnegara, Pagentan via Madukara terputus total, akibat Longsor sejauh 1,2 km atau seluas 5 hektar tanah bergerak yang terjadi di Desa Clapar, RT 01, 02, 03, RW 01, Kecamatan Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (25/03/2016).

BANJARNEGARA, 23/03 (BeritaJateng.net) – Longsor sejauh 1,2 km atau seluas 5 hektar tanah bergerak yang terjadi di Desa Clapar, RT 01, 02, 03, RW 01, Kecamatan Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (25/03/2016), kondisinya saat ini masih dalam proses evakuasi warga dan perbaikan jalur akses menuju lokasi kejadian.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana menyatakan langsung menerjunkan seluruh anggota BPBD yang dekat dengan lokasi kejadian, setelah mendapat informasi tentang kejadian tersebut. Sarwa juga menghimbau, warga untuk tidak kembali ataupun mendekati lokasi kejadian.

“Mengetahui kejadian tersebut, saya langsung perintahkan Anggota BPBD terdekat, untuk membantu evakuasi korban longsor. Seperti BPBD Wonosobo, BPBD Banyumas Dan BPBD Purbalingga, kami terjunkan langsung ke lokasi longsor. Saya menghimbau, agar warga maupun korban longsor untuk tidak mendekati lokasi kejadian, sebab sangat berbahaya dengan kondisi longsor seperti itu,” terang Sarwa, Jumat (25/03/2016).

Sarwa menambahkan, untuk logistik para korban longsor, masih menunggu kiriman dari Pemprov Jateng. Melihat kondisi medan, untuk proses evakuasi hanya menggunakan alat seadanya.

“Melihat kondisi medan di lokasi longsor, tidak memungkinkan untuk menggunakan alat berat. Jadi, proses perbaikan maupun evakuasi, hanya menggunakan alat seadanya. Untuk bantuan logistik para korban longsor, sedang menunggu tambahan dari Pemprov Jateng,” jelasnya.

Proses evakuasi dan perbaikan longsor di Desa Clapar,  Banjarnegara, dipimpin langsung oleh Bupati Banjarnegara Sutejo Slamet Utomo. Dari pantauan Beritajateng.net, kondisi lokasi longsor saat ini gerimis, serta listrik dalam kondisi mati.

Selain itu, akses jalan utama Kabupaten Banjarnegara, Pagentan via Madukara terputus total. Jalur dialihkan memutar ke jalur Karangkobar. (MG1)