Home Headline Lomba Ketangkasan Penanganan Kecelakaan, Bagi Anggota Basarnas Sekaligus Uji Ketrampilan

Lomba Ketangkasan Penanganan Kecelakaan, Bagi Anggota Basarnas Sekaligus Uji Ketrampilan

602

Semarang, 27/02 (Beritajateng.net) – Lomba ketangkasan penanganan kecelakaan kendaraan yang diselengarakan oleh Badan SAR Nasional atau BASARNAS Jawa Tengah, digelar di halaman Kantor BASARNAS Semarang. Lomba diikuti oleh 5 tim yang berasal dari personil Kantor SAR Semarang , Pos SAR Jepara , Pos SAR Cilacap, Pos SAR Surakarta dan ABK Kapal Negara 231 Sadewa milik BASARNAS. Lomba digelar guna mengetahui kemampuan serta menguji ketrampilan personel BASARNAS, baik secara perorangan maupun kelompok dalam menangani kecelakaan .

Lomba Ketangkasan dan Uji Ketrampilan Basarnas
Lomba Ketangkasan dan Uji Ketrampilan Basarnas

Dalam lomba kali ini setiap tim terdiri dari 8 personil diharuskan mengevakuasi korban kecelakaan kendaraan di jalan umum yang diperankan oleh model . Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan mulai dari observasi di lapangan , pengamatan kondisi kendaraan yang terlibat kecelakaan , kondisi korban , posisi korban kecelakaan hingga cara menyelamatkan korban. Tidak hanya kecepatan dalam bertindak , ketangkasan dan kekompakan setiap kelompok pun diuji dalam lomba kali ini .

basarnas-2

Menurut Nyoto Purwanto, selaku coordinator tim penguji, pemilihan tema kecelakaan ini, berdasarkan data banyaknya kecelakaan atau bencana yang sering terjadi. “Kasus kecelakaan dipilh karena kondisi ini sering terjadi, supir terjepit atau penumpang terjepit dalam sebuah kecelakaan sering kali ditemui anggotanya.Maka kami akan persiapkan anggota untuk menghadapi kondisi seperti ini,” ungkap Nyoto.
Penanganan kecelakaan kendaraan seperti dalam lomba kali ini para pesonil dituntut untuk siap mengenai teori-teori penyelamatan, penguasaan peralatan dan evakuasi korban. Kedepan apa yang mereka pelajari bisa diaplikasikan jika terjadi kecelakaan sebenarnya. Berdasarkan data BASARNAS Jateng, laka lanta sepanang tahun 2016 telah terjadi sebanyak 11 kejadian, dengan perincian 56 korban selamat dan 18 korban meninggal dunia . (BJ/NG)