Home Hiburan LIPI Kagumi Wisata Edukasi Purbasari Pancuranmas

LIPI Kagumi Wisata Edukasi Purbasari Pancuranmas

174
0
Kepala LIPI (tengah) di TWP Purbasari Pancuranmas.
         Purbalingga, 9/7 (BeritaJateng.net)  – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menganggumi destinasi wisata edukasi di Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuranmas di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga.  Destinasi wisata ini akan menambah wawasan peserta Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke XVII yang berlangsung di Purbalingga 8 – 15 Juli 2018. “Wisata edukasi di TWP Purbasari Pancuranmas ini akan menambah wawasan ilmu peserta khususnya dalam kajian biologi dan perikanan serta peternakan,” kata kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, Senin (9/7) sore.
       Laksana Tri Handoko sengaja meninjau salah satu lokasi acara field trip peserta PIRN. Ikut mendampingi kunjungan itu Kabid Pariwisata pada Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si.
       Selain TWP Purbasari, para peserta PIRN dijadwalkan akan mengunjungi destinasi wisata ke Sanggaluri Park, Golaga, dan Owabong (Obyek Wisata Air Bojongsari).
         Diungkapkan Tri Handoko, pihaknya tidak keliru memilih Purbalingga sebagai tuan rumah pelaksanaan PIRN ke XVII tahun 2018 ini. Ada banyak potensi yang bisa dilakukan untuk riset kalangan remaja, ada banyak wisata edukasi yang bisa menambah wawasan berpikir para peserta PIRN.  “Kami sangat mengapresiasi potensi dan daya tarik wisata di Purbalingga yang sangat mendukung kegiatan PIRN tahun ini. Para peserta tentunya selain akan memperoleh ilmu pengetahuan yang mendukung tugas-tugas belajar di sekolahnya, juga mendapat pengalaman lapangan ke beberapa obyek penelitian serta destinasi wisata yang bersifat edukasi,” kata Tri Handoko.
         Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinporapar Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, peserta PIRN XVII yang berjumlah sekitar 600 anak beserta pendamping guru se-Indonesia dijadwalkan akan mengunjungi destinasi wisata pada Sabtu (14/7) mendatang. Mereka akan berkunjung ke Sanggaluri Park (Sanggar Luru Ilmu) dengan wahana seperti museum reptil, museum uang, muesum wayang, taman lalu lintas, wahana iptek dan wahana lainnya. Kemudian berkunjung ke Golaga (Goa Lawa Purbalingga) untuk berwisata sekaligus mempelajari pembentukan goa dari lava gunung berapi. Peserta PIRN juga diajak ke TWP Purbasari untuk mempelajari ratusan spesies ikan, berbagai aneka burung, rusa Timor dan menikmati wahana lainnya.
        “Peserta yang terbagi dalam empat shif akan berkumpul kembali di Owabong untuk menikmati makan siang dan sekaligus menikmati berbagai wahana di Owabong.  Kami ingin mereka puas dan memiliki kenangan setelah datang ke Purbalingga, sehingga kenangan itu akan disebarkan ke teman-temannya untuk kembali mengunjungi Purbalingga,” kata Prayitno. (yit/El)