Home Nasional Lima Warga Tapanuli Tengah Terseret Banjir Bandang

Lima Warga Tapanuli Tengah Terseret Banjir Bandang

image
Ilustrasi

Medan, 22/11 (Beritajateng.net) – Dilaporkan lima warga Desa Sibio-bio, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah, tewas terseret banjir bandang yang terjadi sejak Jumat (21/11) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapanuli Tengah (Tapteng) Bonaparte Manurung yang dihubungi Antara di Medan, Sabtu, mengatakan empat dari lima korban tewas itu telah ditemukan melalui pencarian yang dilakukan tim terpadu.

“Seorang lagi yakni seorang bayi masih belum ditemukan,” katanya.

Dari data yang didapatkan, empat warga yang tewas itu diketahui bernama Saut Zebua, Dalizatu Zebua, dan Kimi Delau, Yunita Delau.

Menurut Bonaparte, banjir bandang tersebut muncul setelah hujan lebat yang turun pada Jumat (21/11) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Banjir bandang tersebut menerpa lima rumah di Desa Sibio-bio, Kecamatan Sibabangun, yang tiga unit diantaranya rusak berat.

Hujan lebat tersebut juga menyebabkan sejumlah tebing menuju desa itu mengalami longsor sehingga menimbun ruas jalan yang menjadi jalur tranportasi warga.

Menjelang Sabtu sore, banjir bandang tersebut telah surut sehingga memudahkan tim terpadu yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, pegawai kecamatan, dan masyarakat sekitar melakukan pencarian korban hanyut.

Tim terpadu juga telah mendirikan posko penampungan dan posko kesehatan untuk membantu warga yang tidak dapat kembali ke rumahnya yang rusak.

Namun tim terpadu belum dapat mendatangkan alat berat karena jalur masuk ke desa tersebut masih tertimbun longsor.(ant/pj)