Home DPRD Kota Semarang Lima Tanggul di Kali Bringin Semarang Rawan Jebol

Lima Tanggul di Kali Bringin Semarang Rawan Jebol

62
0
           SEMARANG, 11/10 (BeritaJateng.net) – Normaliasi di beberapa sungai yang ada di Kota Semarang sangat mendesak dilakukan, sayangnya Pemerintah Kota Semarang tidak bisa melakukan normaliasi karena sungai-sungai tersebut bukan ranah dari Pemerintah Kota Semarang.
            Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Kadarlusman menerangkan jika normaliasi sungai sangat urgent dilakukan di Sungai Beringin dan Sungai Plumbon yang berada di Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Dua sungai ini memiliki sedimentasi yang cukup tinggi, bahkan setiap hujan tiba air selalu meluap hingga menggenangi ribuan rumah warga termasuk Jalan Pantura Semarang- Kendal.
             “Sungai ini perlu dinormaliasi, namun Pemerintah tidak bisa berbuat banyak karena kewangannya ada di BBWS Pemali –Juawana,” katanya.
            Politisi dari partai PDI P ini, menerangkan menurut pengamatan yang ia lakukan, khusus di Sungai Beringin ada sekitar 5 titik tanggul yang jebol yakni di RW 4 Kelurahan Mangkang Wetan, dua titik di RW 5 Kelurahan Mangkang Wetan, dan sianya di RW 6 dan 7.
              “Perbaikan tanggul jebol juga tidak bisa dilakukan, karena bukan ranah kami. Kami hanya bisa berkoordinasi dengan Dinas terkait agar dilakukan penanganan darurat seperti pembuatan tanggul menggunakan branjang,” bebernya.
             Padahal lanjut dia, setiap terjadi banjir warga selalu komplain kepada Pemerintah Kota Semarang, namun karena sejak tahun 2016 lalu Sungai Beringin dan Plumbon dialihkan kewenanganya, Pemerintah hanya bisa membantu secara darurat seperti bekoordinasid engan BPBD, Dinas Damkar, Dinas Pekerjaan Umum  untuk membantu warga.
             “Sungai Plumbon juga sangat vital, kalau meluap airnya langsung meluber ke Jalan Pantura hingga menyebabkan kemacetan. Kami harap dua sungai ini cepat dinormaliasi atau kami diberi kewenangan untuk melakukan normalisasi,” tuturnya. (Bj/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here