Home Lintas Jateng Lima Rumah di Temanggung Terdampak Longsor

Lima Rumah di Temanggung Terdampak Longsor

905
0

longsor temanggung

Temanggung, 26/1 (BeritaJateng.net) – Sebanyak lima rumah warga di Dusun Mandang, Desa Sucen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terdampak longsor akibat hujan cukup lama yang turun di kawasan setempat.

“Tiga di antara lima rumah itu, mengalami kerusakan di bagian belakang, sedangkan lainnya rusak di bagian tembok samping,” kata Kepala Desa Sucen, Kecamatan Gemawang, Tohari di Temanggung, Senin.

Ia mengatakan longsor terjadi pada Minggu (25/1) sekitar pukul 15.00 WIB di lima titik, dua titik menutup jalan desa dan tiga titik lainnya berimbas pada rumah warga.

Ia mengatakan di antara lima titik longsor tersebut terdapat satu titik yang paling parah yakni tebing setinggi 15 meter dengan lebar sekitar tujuh meter berimbas pada rumah Lutuk Wahyudi, Sulisno, dan Repan, sedangkan dua titik lain berimbas pada rumah Mujari dan Sumargi.

Ia mengatakan rumah Wahyudi, Sulisno, dan Sumargi mengalami rusak pada bagian dapur, yakni tembok jebol terkena longsor.

“Sebagian korban longsor mengungsi di rumah tetangga untuk mengantisipasi longsor susulan,” katanya.

BPBD Kabupaten Temanggung telah mengirimkan bantuan logistik bagi para korban longsor.

Seorang korban, Sulisno, mengatakan sebelum longsor, terjadi hujan deras sejak siang hari.

“Longsor terjadi tiga kali, yakni pertama sekitar pukul 15.00 WIB namun relatif kecil, satu jam kemudian terjadi longsor lagi, dan sekitar pukul 23.00 WIB kembali terjadi longsor susulan,” katanya.

Ia mengatakan pada longsor ketiga yang terjadi pada tengah malam tersebut, warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan pantauan, untuk mengantisipasi longsor susulan, tebing yang longsor tersebut oleh warga dibuat terasering. (ant/BJ)