Home Hiburan Lihat Yuk Serunya Karnaval dan Karnival Paskah 2016

Lihat Yuk Serunya Karnaval dan Karnival Paskah 2016

1010
Kemeriahan karnaval dan karnival paskah 2015 lalu yang melintasi sepanjang jalan Pemuda Semarang. (Foto dok.)

Semarang, 4/4 (BeritaJateng.net) –¬†Masih dalam nuansa perayaan hari Paskah, siswa SMK PL Tarcisius yang bertempat di Jalan Supriyadi no. 7 Semarang pun tidak ketinggalan untuk larut dan berpartisipasi dalam memaknainya. Hal ini terlihat sebagian dari mereka (siswa SMK PL Tarcisius) berjalan di sepanjang jalan Supriyadi Semarang dalam rangka berlatih mempersiapkan acara Karnaval dan Karnival Paskah tingkat Kota Semarang pada 8 April 2016 mendatang.

Kliwantara selaku Pembina OSIS, Pembina Paskibra dan Pembina Pramuka SMK PL Tarcisius mengatakan ada 130 siswanya yang akan mengikuti Karnaval dan Karnival dari Balai Kota ke Tri Lomba juang pada Jumat (8/4) mendatang.

Dijelaskannya, bahwa penyelenggara acara Karnaval menargetkan peserta sebanyak 8000 orang dan ada 16 mobil hias guna menyemarakkan acara ini.

“Kita start dari sekolah sekira pukul 11.00 WIB dan sampai di Balai Kota pukul 12.00 WIB,” jelas Tara saat diwawancarai disela-sela membimbing siswanya, Senin (4/4) siang.

Tara menambahkan acara ini juga akan diikuti sekolah dan instansi Kristen dan Katholik se-Kota Semarang. Rangkaian acaranya meliputi karnaval, karnival dan mobil hias dengan tema kebangkitan. Maksudnya kebangkitan disini ialah membangkitkan semangat generasi muda dalam mengembangkan warisan dan budaya lokal.

“Lombanya mengangkat tema kearifan lokal. Dari sekolah kami mengirimkan siswa kelas X dan XI,” imbuhnya.

Lombanya ada dari beberapa kelompok kegiatan di sekolah seperti paskibra, pramuka penegak bantara, OSIS, MPK, dan Paduan Suara.

“Meliputi baris berbaris, kesehatan fisik dan seni budaya yang mengangkat tema tembang dolanan masa lalu dengan iringan klotekan terbuat dari bambu,” tutur Pembina Paskibra tersebut dengan ramah.

Menurut Tara kegiatan ini bertujuan mengajak anak-anak semakin mengimani perayaan Paskah dengan cara rajin berdoa, berprihatin, berderma kepada mereka yang lemah, terlantar dan kurang diperhatikan.

Disamping itu juga mengajak anak-anak semakin mencintai budaya lokal, alat musik tradisional, tembang dolanan serta pembentukan karakter yang berkaitan dengan sopan santun dan tata krama.

“Selain itu juga menumbuhkan sikap empati, membangun persaudaraan dan meminimalisir kegiatan yang sifatnya merusak moral generasi muda,” paparnya.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini ada juga dari kantor-kantor dan yayasan Kristen dan Katholik. Karena bertepatan dengan ujian nasional (UN) 2016 yang jatuh pada hari ini, Senin (4/4), siswa kelas X dan XI libur. Latihan dilakukan dalam waktu satu minggu setelah ujian selesai, yakni mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 3.00 WIB.

Beberapa siswa kelas X SMK PL Tarcisius yang mengikuti latihan, seperti Kezia Novianti Wulur, Magdalena Cynthia, dan Rosa Chantika Roosiana Dewi mengaku mempersiapkan lomba Karnaval dan Karnival Paskah dengan latihan fisik seperti jalan, melatih kekompakan, saling support, disiplin dan kerjasama.

Mereka mengaku ada kesulitan saat memainkan alat musik seperti kentungan, kendang, dan bendhe karena harus menyamakan ketukan, begitu pun dengan kekompakannya.

“Harus ngepasin suaranya, antara nada yang satu dan lainnya,” ujar Rosa.

Meski demikian mereka tetap siap dan optimis untuk menampilkan yang terbaik, semaksimal mungkin.

“Kalau sampai menang, puji Tuhan, bonus. Kita latihan bareng, laki-laki dan perempuan bergantian harinya,” imbuh Kezia dan Magdalena.

Uniknya, SMK PL Tarcisius juga bakal menampilkan baju Karnival dengan tinggi 1,8 meter dan berat 4 kg yang dibagian belakangnya dibentuk menyerupai kipas layaknya binatang merak dengan mengangkat tema kearifan lokal Wayang. (BJT01)