Home News Update LGMI Tegaskan KPU Harus Netral Saat Pilkada 

LGMI Tegaskan KPU Harus Netral Saat Pilkada 

SOLO, 8/12 (BeritaJateng.net) – Menjaga situasi kondusif jelang pemilihan kepala daerah tinggal menghitung hari. Pemilukada yang akan berlangsung tanggal 9 Desember 2015 sejumlah Satuan Petugas (Satgas) baik dari partai maupun dari tim independent sudah mendapatkan pembekalan dan pelatihan untuk mengawal pemilu damai, jauh dari money politik yang mungkin saja terjadi di detik-detik terakhir jelang pencoblosan.

Salah satu Satgas dari tim independent yang tergabung dalam  Lembaga Garuda Muda Indonesia (LGMI) juga dibentuk untuk mengawal pemilukada agar berlangsung aman dan juga kondusif. 

Ketua Umum Ketua Lembaga Garuda Muda Indonesia Dwiyono Noto Saputro SH menjelaskan Satgas LGMI  akan membantu melakukan pantauan  selama masa tenang hingga pencoblosan sampai dengan penghitungan suara selesai di lakukan. Dengan tidak bertindak anarkis jika menemukan kecurangan di lapangan. Namun melaporkan pada pihak yang memiliki kewenangan.   

“Nantinya satgas akan mengawal selama masa tenang hingga pencoblosan. Solo adalah barometer politik nasional. Sehingga  pemilu bisa berlangsung aman, nyaman, dan kondusif  untuk kepentingan masyarakat Solo,” jelas Dwi. 

Untuk mendukung situasi kota Solo yang aman dan kondusif, tim Satgas Lembaga Garuda Muda Indonesia (LGMI) di pimpin langsung ketua umumnya Dwiyono melakukan silaturahmi dengan KPU Solo dan juga Panwaslu Solo untuk memberikan pernyataan sikap. Agar KPU dan juga Panwas tidak berpihak pada salah satu pasangan calon.

“Kita meminta agar KPU dan juga Panwas harus bersikap netral. Agar pemilu yang aman, nyaman dan damai bisa terwujud untuk kepentingan masyarakat Solo,” terang Dwi. 

Dwi juga menyampaikan dengam  tegas apabila dalam dalam penyelenggaraann Pilkada ada terindikasi pelanggaran maka pihak KPU bertindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu secara terpisah  Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo  menyambut baik permintaan dari LGMI. Dan berjanji pihak KPU akan bertindak tegas dengan  menjunjung tinggi netralitas penyelenggaraan Pilkada nantinya. Agar pemilu damai di kota Solo bisa terwujud.  

“Kita akan menindak tegas bagi anggota yang bermain curang atau mendukung paslon tertentu,” janji Agus. 

Usai bersilaturahmi ke KPU, rombongan Satgas LGMI langsung bergeser menuju kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solo untuk menyampaikan permintaan serupa agar Panwas juga bisa bertindak tegas terhadap penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan masing pasangan calon (paslon). (BJ24)