Home Lintas Jateng Launching SIM Online di Gelar Serentak di 45 Satpas Seluruh Indonesia

Launching SIM Online di Gelar Serentak di 45 Satpas Seluruh Indonesia

Semarang, 6/12 (BeritaJateng.net) – Grand Launching Surat Izin Mengemudi (SIM) Online digelar serentak di seluruh Indonesia, khususnya di 45 Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) yang telah terintegrasi SIM Online. Di kota Semarang, Launching SIM Online dilaksanakan di Simpanglima Semarang, Minggu (6/12) pagi.

Melalui teleconference, Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Condro Kirono menyampaikan peluncuran SIM Online bertujuan meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam pengurusan SIM.

Peluncuran SIM Online ini merupakan hasil kerja sama Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam optimalisasi penggunaan sarana teknologi informasi.

“Hari ini sebanyak 83ribu orang akan dilayani melalui SIM Online. Kami akan melakukan pengembangan dan peningkatan lebih lanjut. Kami berencana menambah jumlah SIM Online di setiap kesatuan dan akan ditingkatkan terus hingga tahun 2018. Bukan hanya itu, kami juga berencana melayani STNK dan BPKB online,akan kami koordinasikan kembali karena ini terkait dengan penerimaan pajak di setiap daerah juga,” paparnya.

Menurut Irjen Condro, peluncuran SIM Online merupakan salah satu upaya pengurangan penyimpangan dan percaloan. “Saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan sim online dengan maksimal. Untuk jajaran lalu lintas kami berharap agar ditingkatkan kualitasnya agar lebih baik dari waktu ke waktu,” imbuhnya.

Peluncuran SIM Online bertajuk kegiatan sehari bersama Polisi Lalu Lintas di Jawa Tengah dilakukan oleh Kapolda Jateng Irjen Noer Ali dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan simbolis menekan bel.

“Sesuai pesan Kapolri, kami akan berupaya meningkatkan pelayanan. Di Jateng saat ini memang baru satu di Semarang, mudah-mudahan selanjutnya akan bertambah hingga ditiap kabupaten/kota lain,” ujar Irjen Noer Ali.

Selain launching SIM Online di sepanjang ruas jalan Simpanglima dipenuhi berbagai stand mulai dari Bus SIM Online, Bus Samsat Keliling, Mobil Penling, Mobil PJR dan SPM Patroli, area Simulasi Taman Edukasi lalu Lintas bagi anak-anak, area petualangan Baseta (Badut Keselamatan Berlalu Lintas) dan lain sebagainya.

Dengan diterbitkannya SIM Online, lanjutnya, ini dapat lebih mempermudah masyarakat dalam pengurusan SIM, dan tentunya Polri akan selalu memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.  (Bj)