Home News Update Langgar Batas Waktu, Satpol PP Wonogiri Sapu Bersih APK Calon

Langgar Batas Waktu, Satpol PP Wonogiri Sapu Bersih APK Calon

668
Satpol PP Wonogiri menurunkan paksa APK Calon
Satpol PP Wonogiri menurunkan paksa APK Calon
Satpol PP Wonogiri menurunkan paksa APK Calon

Wonogiri, 27/8 (BeritaJateng.net) – Sejumlah baliho calon bupati dan wakil bupati Wonogiri yang masih terpasang di beberapa titik dicopoti oleh Satpol PP Wonogiri, Kamis (27/8) petang. Pemberedelan itu terpaksa dilakukan lantaran pihak Paslon maupun timnya enggan melepas alat peraga itu sampai batas waktu yang ditentukan.

Anggota Panwaslu Kabupaten Wonogiri divisi penindakan dan penyelesaian sengketa, Sriyanto Budi Santosa mengatakan bahwa sesuai aturan, alat peraga kampanye hanya boleh dipasang oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU.

“Calon boleh sosialisasi, namun hanya diperbolehkan sampai 24 Agustus. Setelah itu harus bersih,” jelasnya saat menyaksikan pencopotan baliho salah satu Paslon di Jl. Perwakilan Wonogiri Kota.

Sebelumnya, lanjut Sriyanto, pihaknya telah mengirimkan surat peringatan kepada masing-masing Paslon melalui timnya untuk melepas alat peraga sosialisasi calon paling lambat setelah penetapan yakni tanggal 25 Agustus.

“Sejak 18 Agustus kami sudah kirimkan surat peringatan. Karena tidak ada tindakan maka kami rekomendasikan kepada Satpol untuk mengeksekusi,” terang dia.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Satpol PP Kabupaten Wonogiri Waluyo mengatakan ada prosedur yang harus diikuti sebelum melakukan pelepasan atribut calon. “Ada prosedur yang harus diikuti, berupa teguran tertulis kepada tim pasangan calon. Kalau tidak dihiraukan baru kita tindak,” katanya.

Disinggung soal keterlambatan dalam mengeksekusi atribut calon, dirinya menjelaskan, sebenarnya pihaknya telah menerima rekomendasi dari Panwas sejak kemaren (Rabu, 26/8) pagi. Namun, ia mengatakan karena banyaknya agenda dan keterbatasan personil maka baru hari ini bisa bergerak. “Kami memang telah menerima rekomendasi dari Panwas, tapi kami manusia bukan mesin jadi ada rasa capek dan banyak kegiatan lain yang harus diselesaikan,” jelasnya.

Dia mengklaim, sudah ada beberapa kecamatan yang telah bersih dari atribut calon. “Tim sudah bergerak dan berkoordinasi dengan Trantib, beberapa baliho yang besar dari titik Selogiri telah dibersihkan. Yang sudah eksekusi Giritontro, Paranggupito,  Pracimantoro, Ngadirojo, Baturetno, Selogiri dan kota Wonogiri. Sisanya akan kami eksekusi besok,” pungkasnya. (BJ09)

Advertisements