Home Headline Laka Tunggal Bis Pengangkut Buruh Pabrik di Sayung Demak, Murni Kelebihan Penumpang

Laka Tunggal Bis Pengangkut Buruh Pabrik di Sayung Demak, Murni Kelebihan Penumpang

Laka Tunggal Bis Pengangkut Buruh Pabrik, Murni Kelebihan Penumpang

Demak, 8/12 (BeritaJateng.net) – Dari hasil olah kejadian perkara kecelakaan tunggal mikro bis jurusan Demak – Semarang yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia tersebut disebabkan kelebihan kapasitas penumpang.

Dari ketentuan yang diperbolehkan untuk mikro bis 15 penumpang sesuai dengan jumlah tempat duduk, namun mikro bis dengan nama lambung Sukron Affan tersebut berisikan 23 penumpang.

“Bis tersebut over kapasitas harusnya 15 penumpang tapi ini di isi 23 plus sopir,” ucap AKP Fandy Setiawan.

Pemeriksaan bis bersama pihak dishub kabupaten Demak, terang Kasatlantas, diluar dari over kapasitas, kondisi bus tersebut dalam keadaan normal, baik dari kondisi mesin maupun sistem pengereman.

Akan tetapi mikro bis tersebut belum melakukan uji ulang kalaikan kendaraan dimana uji ulang tersebut harus dilakukan pada bulan Febuari 2021 kemarin.

“Bis belum melakukan uji KIR ditahun ini yang seharusnya dilakukan bulan Febuari kemarin,” tegas Kasat lantas.

Sementara itu menurut Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono mengatakan jika kejadian ini murni kecelakaan tunggal dimana pengemudi tidak bisa mengontrol kendaraan yang dikemudikannya ditambah lalai dalam mengangkut penumpang atau kelebihan muatan yang berakibat kurang optimalnya laju mikrobus tersebut.

“Untuk pengemudi sedang kita periksa, kita belum bisa menetapkan tersangka mengingat masih kita dalami penyidikannya,” pungkas Kapolres Demak. (BW/El)