Home Lintas Jateng Labfor Olah TKP Kebakaran Di Dua Tempat 

Labfor Olah TKP Kebakaran Di Dua Tempat 

Olah TKP Kebakaran Tim Labfor
Olah TKP Kebakaran Tim Labfor
Olah TKP Kebakaran Tim Labfor



Semarang 11/5 (BeritaJateng.net) – Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Semarang melakukan olah TKP didua tempat sumber api berasal.

Dua toko tersebut yakni di kios pakaian milik Padasuka dan beberapa kios yang berada di lantai dua.

Kepala Puslabfor Mabes Polri Cabang Semarang Kombes Pol Setijani Dwi Astuti mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang mengakibatkan musibah kebakaran.

“Langkah ini sebagai pemeriksaan awal. Karena berdasarkan para saksi yang diperiksa oleh Polrestabes Semarang, sumber api berasal dari kios tersebut,” katanya.

Setijani menambahkan terkait penyebab terbakarnya pihaknya belum menyimpulkan secara pasti. Namun dari tempat kejadian sudah mengamankan barang bukti.

“Kita tadi sudah mengambil, mengenali, mencari, dan mengamankan barang bukti. Nantinya sebagai bukti ilmiah,” imbuhnya.

Selain melakukan olah TKP di kios Padasuka, tim labfor juga melakukan olah TKP di lantai dua Pasar Johar. Namun, tim hanya mengamankan beberapa barang bukti dari kios yang berada di lantai dasar pasar Johar, Blok A1 itu.

“Kita juga sampai atas tadi, tapi kita fokuskan di kios pertama itu,” ungkapnya.

Tim yang terdiri dari enam orang itu, mengamankan barang bukti yang diduga penyebab korsleting. Yaitu KWH meter beserta MCB, steker listrik, kabel bekas terbakar, dan motor kipas angin. Selain itu petugas juga juga mengamankan sejumlah abu di beberapa tempat, yang kemudian dimasukan mobil labfor.

“Untuk abu ini nantinya akan diperiksa menggunakan GCMS, pembuktian ini sudah menggunakan scientification crime investigation,” tambahnya.

Terkait pemeriksaan, pihaknya berjanji akan berlangsung secepatnya. Karena, Pasar Johar ini merupakan titik vital untuk perekonomian di Semarang. 

“Kita usahakan pemeriksaan paling cepat dua hingga tiga hari,” tandasnya.(BJ04)