Home Headline Kurangi Kerumunan Saat Vaksin, Dinkes Semarang Gunakan WA Blaster

Kurangi Kerumunan Saat Vaksin, Dinkes Semarang Gunakan WA Blaster

Semarang, 8/3 (BeritaJateng.net) – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang menggunakan aplikasi Whatsapp (WA) Blaster untuk mencegah kerumunan saat vaksinasi di Fasilitas Kesehatan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam saat prosesi vaksinasi tahap 2 suntikan kedua di Gedung Balai Kota Semarang, Senin (8/3) pagi.

Hakam mengatakan bahwa vaksinasi tahap 2 suntikan kedua dilakukan lebih tertib dengan kuota terbatas setiap harinya.

“Hari ini, ada 530 orang yang divaksin. Mereka mendapat informasi jadwal vaksinasi melalui WA Blaster. Penggunaan WA Blaster tujuannya untuk mencegah kerumunan dan membatasi peserta vaksin,” ujar Hakam.

Hakam menyatakan, strategi dengan WA Blaster telah digunakan Dinas Kesehatan dan fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Semarang sebagai inovasi baru penyebaran informasi terkait vaksin.

“Strategi kami untuk menegakkan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan saat vaksinasi dengan melakukan WA Blaster ke orang-orang yang akan kita vaksin pada hari ini. Termasuk Rumah Sakit dan Puskesmas juga kita arahkan melakukan WA Blaster bagi sasaran yang melakukan vaksinasi, baik tahap I maupun tahap 2,” katanya.

Hakam mengakui jika penggunaan WA Blaster sebagai bentuk evaluasi akibat antrean luar biasa dan kerumunan saat vaksinasi tahap 1.

“Kami kan belajar dari pengalaman sevelumnya. Kemarin terjadi antrian luar biasa karena antusias masyarakat sangat tinggi dalam menerima vaksin. Sehingga dalam rangka mengurangi kerumunan maka digunakan WA Blaster. Jadi mereka yang akan disuntik vaksin adalah yang mendapatkan pesan singkat di whatsapp nomor masing-masing,” kata Hakam. (El)