Home Headline KSOP Semarang: Robohnya Craine Murni Kecelakaan

KSOP Semarang: Robohnya Craine Murni Kecelakaan

288
Preskonference PT Pelindo III terkait robohnya crane yang disebabkan Kapal MV Soul of Luck

Semarang, 15/7 (BeritaJateng.net) – Robohnya Container Craine Pelindo III Semarang yang tertabrak oleh Kapal MV Soul Of Luck merupakan murni kecelakaan, hal tersebut disampaikan oleh KSOP dan Pelindo III Semarang, Senin (15/7).

Ahmad Wahid, Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Pelabuhan Tanjungmas Semarang menyampaikan bahwa kejaadian Kapal MV Soul Of Luck menabrak Container Crane merupakan kecelakaan murni.

“Kami telah melakukan pengumpulan data kelayakan kapal jalan, ijin, nakoda, kepala kamar mesin hingga lainya. Dari data tersebut semuanya telah sesuai prosedur, ternyata saat Kapal MV Soul Of Luck ingin bersandar mengalami kerusakan dan gangguan di sistematik penggerak kapal secara tiba-tiba sebelum akhinya menabrak Container Crane,” terangnya.

Ia menuturkan, kronologis berawal mula saat Kapal MV Soul Of Luck seharusnya bersandar dengan sisi kanan kapal, namun saat kapal mencoba memutar dengan bantuan kapal pandu dan kapal tunda akhirya tali pemegang kapal putus, saat Kapal MV Soul Of Luck mengalami gangguan dan akhirnya kapal berjalan terus tidak berhenti hingga menabrak container crane nomer 3 hingga roboh.

“Saat ini Kapal MV Soul Of Luck sudah kembali dapat dioperasionalkan secara normal dan sudah dapat berjalan kembali. Dengan kejadian ini KNKT juga ikut turun untuk melakukan investigasi terjadinya kecelakaan tersebut yang mengakibatkan container craine Pelindo III Semarang roboh,” tambahnya. (AK/El)