Home Headline KRI Bung Tomo Isi Logistik di Pelabuhan Semarang

KRI Bung Tomo Isi Logistik di Pelabuhan Semarang

image

Semarang, 4/1 (BeritaJateng.net) – KRI Bung Tomo, salah satu moda yang digunakan untuk proses pencarian serpihan dan korban pesawat Airasia QZ8501, berlabuh ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk mengisi bahan bakar dan logistik.

“Setelah tujuh hari tujuh malam di laut, kami tentu butuh mengisi sumber daya, seperti bahan bakar, logistik, serta berbagai kebutuhan lainnya,” kata Komandan KRI Bung Tomo Kolonel Yayan Sofiyan di Semarang, Minggu.

KRI Bung Tomo sendiri bersandar di Dermaga Samudra 2 pada Minggu pagi dan akan kembali berlayar untuk melanjutkan tugasnya pada sore hari.

“Sore ini juga kami berangkat,” tambahnya.

Meskipun ada perbantuan kapal tangker yang diharapkan bisa memasok bahan bakar namun untuk melakukan distribusi di laut tidak mudah karena cuaca yang kurang mendukung dan gelombang cukup tinggi.

Sementara itu, selama melakukan pencarian dalam tujuh hari terakhir ini, kata Yayan, kapal perang ini telah mengevakuasi sekitar 10 jenazah korban serta berbagai serpihan pesawat.

Berbagai serpihan yang telah diamankan tersebut diantaranya pintu darurat, interior pesawat, kursi penumpang, dan sebagainya.

Menurut Yayan, serpihan hasil temuan ini akan dikumpulkan dahulu sebelum diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Nasional.

KRI Bung Tomo merupakan salah satu andalan pemerintah Indonesia dalam proses pencarian dan evakuasi pesawat Airasia QZ8510 yang diduga jatuh di sekitar perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. (Ant/BJ)