Home Headline Krebo Serahkan Jogo Tonggo Kit Untuk Perangkat Desa

Krebo Serahkan Jogo Tonggo Kit Untuk Perangkat Desa

336

KOPENG, 29/6 (Beritajateng.net) – Guna mengantisipasi penularan Covid-19 di kalangan aparat pemerintah Desa, Pemprov Jateng memberi bantuan Jogo Tonggo Kit. Paket alat pelindung diri (APD) tersebut diberikan kepada seluruh perangkat desa se Jawa Tengah.

Paket alat pelindung diri yang dibagikan tersebut meliputi Baju Hazmat, Masker Kain, Sepatu Boots, Sarung Tangan, Sprayer dan Thermogun.

“APD ini untuk melindungi perangkat desa saat menolong warganya jika ada yang positif menderita Covid-19,” Ungkap Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang Kusriyanto saat menyerahkan Jogo Tonggo Kit kepada Kepala Desa se Kecamatan Getasan di Kopeng Kab Semarang, Minggu (28/6).

Politisi yang biasa disapa Krebo ini menjelaskan, Covid-19 mudah menular dan telah banyak merenggut nyawa petugas medis yang berada di garda terdepan perawatan pasien baik yang PDP maupun positif Covid-19.

Kepala desa dan perangkatnya yang saat ini juga menempati garda terdepan dalam fase pemulihan/recovery memiliki resiko yang cukup besar tertular Covid-19 mengingat tugasnya akan berhadapan langsung dengan masyarakat terutama bila terindikasi terpapar virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan Cina tersebut.

“Kalau ada warganya yang terindikasi tertular Covid-19, kepala desa harus proaktif menolong mereka, Biar aman mereka harus menggunakan APD ini,” paparnya.

Selain itu dalam menghadapi tatanan baru (New Normal) dimana masyarakat sudah boleh melakukan aktifitas pekerjaan seperti biasanya tetapi tetap harus menggunakan protokol kesehatan. Maka disediakan alat pengukur suhu (Thermogun). Alat ini bisa digunakan untuk memantau suhu tubuh warga yang berkunjung ke kantor desa atau pada acara acara tertentu yang ada di desa.

“Thermogun untuk memantau suhu tubuh yang akan ke Balai Desa atau acara lain. Kalau Masker Kain bisa dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan karena di masa new normal ini semua harus menggunakan masker dalam beraktifitas,” pungkasnya.

(NK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 17 =