Home Life Style Kreatif.. Pemuda Semarang ini Bikin Jam Tangan dan Kacamata dari Limbah Papan...

Kreatif.. Pemuda Semarang ini Bikin Jam Tangan dan Kacamata dari Limbah Papan Skateboard

317
0
Poernomo, pemuda asal Semarang ini memproduksi jam tangan, kacamata dan aksesoris dari limbah kayu dan papan skateboard.

Semarang, 13/12 (BeritaJateng.net) – Unik dan kreatif, itulah yang akan disampaikan setiap pasang mata yang melihat beragam aksesoris seperti jam tangan dan kacamata yang terpajang di galery Poernomo. Siapa sangka beragam aksesoris cantik dan elegan yang terpajang merupakan hasil limbah kayu dan limbah papan skateboard.

Ya.. Poernomo (30), pria asal Sendang Utara III Rt 02/07, kota Semarang ini menyulap limbah kayu menjadi jam tangan, kacamata, tas kayu dan beragam aksesoris lainnya.

Mulanya Poernomo tertarik membuat kacamata dari limbah papan skateboard seusai melihat tayangan televisi, namun setelah mencoba dan berhasil membuat, ia justru penasaran dan keranjingan untuk membuat aksesoris jenis lain.

Aneka jam tangan cantik dari limbah kayu dan papan skateboard bekas.
Aneka jam tangan cantik dari limbah kayu dan papan skateboard bekas.

“Awalnya lihat TV, terus nyoba bikin. Bikin pertama bulan Agustus 2015 lalu. Ternyata banyak yang suka dan tertarik membeli,” imbuhnya.

Poernomo memperlihatkan cara pembuatan jam tangan dari kayu pada tim BeritaJateng.net, ia memilih kayu yang sesuai keinginan dan budget costumer. “Kayu yang biasa dipakai untuk jam ya kayu sono keling, mapel, tapi paling disukai kalau pakai kayu eboni karena karakter kayunya seperti emas jadi di air gak tenggelam, kayunya langka dari Sulawesi,” katanya.

Kalau untuk kacamata, lanjutnya, ia menggunakan limbah kayu skateboard sehingga lebih elastis karena berlapis lapis. Untuk satu jam tangan dan kacamata, Poernomo mematok dengan harga Rp. 400ribu hingga Rp. 900ribu. “Harganya beda-beda, bergantung detil, model dan bahan,” imbuhnya.

Poernomo memasarkan produknya lewat media sosial dan pameran. “Selama ini pakai instagram untuk promosi, intagram buatku udah kayak galery karya, kalau penasaran lihat aja di akun @nowis_handmade,” katanya. (EL)