Home News Update KPU Mulai Pasang Baliho Paslon, Ita Satu-satunya Paslon Yang Hadir Saksikan Pemasangan...

KPU Mulai Pasang Baliho Paslon, Ita Satu-satunya Paslon Yang Hadir Saksikan Pemasangan APK

Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melihat pemasangan baliho APK yang difasilitasi KPU di sejumlah titik.
Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melihat pemasangan baliho APK yang difasilitasi KPU di sejumlah titik.
Calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melihat pemasangan baliho APK yang difasilitasi KPU di sejumlah titik.

Semarang, 12/9 (BeritaJateng.net) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mulai memasang Alat Peraga Kampanye (APK) resmi yang difasilitasi KPU dalam proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2015, Jumat (11/9) sore.

Hal ini dilakukan sebagai upaya tindak lanjut pasca proses penertiban APK yang dipasang oleh pasangan calon. Pemasangan APK berupa baliho berukuran 4 x 6 meter di 13 titik yang sudah disepakati dan ditentukan oleh KPU dan paslon.

Dari 13 titik baliho akan dibagi kedalam lima kawasan pemasangan dengan ketentuan empat kawasan terdiri dari 3 titik baliho masing-masing paslon, plus satu titik sebagai baliho bersama di kawasan Simpanglima Semarang.

Divisi Hukum, Kampanye, Pencalonan dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Agus Suprihanto yang juga turut menyaksikan pemasangan APK di salah satu kawasan mengatakan, ditahap pertama pemasangan dilakukan di kawasan satu yakni titik bundaran Kalibanteng baliho milik paslon urut 1 Soemarmo HS-Zuber Safawi, titik baliho Jalan Soegiyapranata (Depan PMI Kota Semarang) milik paslon urut 2 Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan di titik Jalan Soekarno Hatta dipasang baliho milik paslon urutan 3 Sigit Ibnugroho Saraspono-Agus Sutyoso.

“Pemasangan ada di 13 titik baliho dilakukan hari ini serentak, masing-masing paslon menempati baliho yang sudah disepakati dan diundi urutannya. Akan terpasang selama tiga bulan dengan setiap paslon menempati satu titik baliho selama satu bulan kemudian akan bergantian tempat dengan paslon lain setiap bulannya,” katanya.

Dalam pemasangan APK baliho, KPU Semarang menggunakan titik papan baliho milik pemerintah kota Semarang, hal ini berkaitan faktor keamanan dan terjaminnnya aspek legal. “Kita hanya pasang 13 titik baliho di lima kawasan yang sudah ditentukan dan material APK kita berhologram jadi tak bisa dipalsukan,” terangnya.

Menurutnya jika ada APK terpasang melebihi 13 titik, maka dipastikan itu bukan milik KPU dan ilegal. Selanjutnya akan ditindak karena pelanggaran. Penindakan tetap akan bekerjasama dengan Panwas, Satpol PP, dan Kesbanglinmas

Sementara, satu titik baliho yang berada di kawasan Simpanglima berukuran 8×16 meter berbentuk horisontal dengan gambar ketiga paslon berjejer. “Sementara belum kita pasang karena perijinan lantaran titik baliho tersebut milik swasta. Kita pastikan hari Senin pekan depan sudah terpasang,” tambahnya.

Kawasan lainnya yang sudah terpasang yakni Kawasan Dua berada di titik daerah Genuk, Jalan Wolter Monginsidi, dan Jalan Fatmawati.

Kawasan Tiga berada di depan RSUD ketileng, Pertigaan Kaliwiru, dan depan ADA Banyumanik arah keluar Tol. “Kawasn Empat di daerah kecamatan Gunungpati, Wates Kedungpane, dan titik dekat SPBU Ngalian,” tambahnya.

APK lainnya yang diproduksi oleh KPU selain baliho ada juga umbul-umbul berjumlah 177 umbul-umbul perpasangan calon yang akan disebar di 16 kecamatan. APK  spanduk sekitar 354 dengan rincian dipasang 2 tiitk  perkelurahan. Semua titik pemasangan merupakan sesuai dengan SK Walikota yang sudah disepakati.

“Ini masih proses roduksi untuk spduk dan umbul-umbul, akan kita pasang minggi depan,” ujarnya.

Pantauan BeritaJatenh.net, dalam proses pemasangan APK Baliho di Kawasan Satu dipasang secara manual tanpa menggunakan mobil hidrolik crane milik PJPR. Empat tenaga pemasang menaiki papan baliho untuk memasang APK fasilitas KPU.

Selama pemasangan APK Baliho juga hanya dihadiri oleh perwakilan masing-masing paslon. Hanya dari paslon nomor 2 yang turut hadir menyaksikan pemasangan APK yakni oleh calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu qatau Mbak Ita.

“Kita apresiasi KPU karena sudah memfasilitasi APK baliho secara seragam masing-masing paslon ditempat-tempat strategis di kota Semarang,” kata Ita.

Terkait dengan APK milik paslon nomor 2, Ita mengaku telah menertibkan secara mandiri. “Ini peraturan yang tak boleh dilanggar,” ujar Ita.

Ita juga menyatakan jika pihaknya kini masih menunggu beberapa APK KPU yang bisa didistribusikan penyebaran secara mandiri tim pemenangan.

“Kami menunggu APK dari KPU, mungkin pekan depan sudah diterima karena bulan lalu masih dalam produksi infonya. Kami juga sudah menyiapkan APK secara mandiri sesuai PKPU seperti mug, pin, topi, kaos dan lainnya,” tukas Ita. (Bj05)