Home News Update KPU Kota Semarang Rilis Dana Kampanye Tiga Paslon 

KPU Kota Semarang Rilis Dana Kampanye Tiga Paslon 

397
KPU Kota Semarang saat melaunching tahapan Pilwakot Semarang 2015
KPU Kota Semarang saat melaunching tahapan Pilwakot Semarang 2015
KPU Kota Semarang saat melaunching tahapan Pilwakot Semarang 2015

Semarang, 21/10 (BeritaJateng.net) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Selasa (20/10) sore, merilis dana Kampanye ketiga pasangan calon walikota dan wakil walikota pemilukada kota Semarang.

Dari data KPU tercatat pasangan no urut 1 Soemarmo Zuber mencantumkan nilai Rp. 879 juta, sedangkan pasangan no urut 2 Hendi Ita senilai Rp. 877 juta dan pasangan no urut 3 Sigit Agus sebanyak Rp. 3 miliar.

Menurut Anggota Komisioner KPU Agus Suprihanto, sumber pendanaan paslon ini terdiri dari sumbangan pribadi maupun dari partai pengusung dan simpatisan paslon.

Laporan penerimanaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) paslon tahap dua ini dilaporkan 16 Oktober lalu, yang harus dilakukan semua paslon.

Dijelaskan Agus Laporan dana kampanye yang diserahkan paslon ini akan diserahkan akuntan publik yang ditunjuk, untuk diaudit.

“Laporan dana kampanye di akhir kampanye pada 6 Desember nanti juga wajib diserahkan paslon, Sebab jika tidak dilaporkan paslon dapat didiskualifikasi dari peserta Pilwalkot Semarang,” jelas Agus.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Semarang Muhammad Amin mengatakan, sangat mengapresiasi ketiga paslon yang telah melaporkan dana kampanyenya masing-masing.

Langkah lebih lanjut pihaknya akan melakukan pemantauan atau pengawasan terhadap laporan dana kampanye yang diserahkan paslon kepada KPU.

“KPU diharapkan untuk menunjuk akuntan publik yang benar-benar independen, agar laporan dana sumbangan kampanye itu tidak fiktif serta harus dijamin tidak memiliki kepentingan terhadap salah satu paslon,” imbuh Amin. (Bj)