Home News Update KPU Kota Semarang Distribusikan APK Kepada Ketiga Paslon

KPU Kota Semarang Distribusikan APK Kepada Ketiga Paslon

Ketiga pasangan calon wakil dan wali kota Semarang.
Ketiga pasangan calon wakil dan wali kota Semarang.
Ketiga pasangan calon wakil dan wali kota Semarang.

Semarang, 25/9 (BeritaJateng.net) – Setelah menunggu cukup lama penyerahan Bahan dan Alat Peraga Kampanye (APK) yaang didanai Komisi Pemilihan Umum (KPU), akhirnya ketiga pasangan calon menerima APK, Jumat (25/9) sore.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mendistribusikan bahan kampanye untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015, berupa “fliyer”, “leaflet”, dan poster.

“Bahan kampanye untuk pilkada ini baru tiba dari percetakan di Jakarta dan dikirimkan ke Kantor Kelurahan Gisikdrono, Semarang Barat,” kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono di Semarang.

Menurut dia, pemilihan Kantor Kelurahan Gisikdrono, Semarang Barat untuk lokasi pendistribusian dinilai representatif karena mempertimbangkan lokasi yang strategis dan akses yang memudahkan masing-masing tim kampanye.

Ia menyebutkan jumlah bahan kampanye yang didistribusikan, yakni poster sebanyak 19.724 lembar, “flyer” sekitar 539.401 lembar, dan “leaflet” berjumlah empat kali jumlah rukun tetangga (RT) atau sekitar 39.448 lembar per paslon.

“Makanya, kalau kami tujukan ke kantor KPU Kota Semarang kan susah aksesnya. Kantor kami di lantai lima Gedung Pandanaran. Biar praktis, kami tujukan saja ke Kantor Kelurahan Gisikdrono,” katanya.

Namun, kata dia, bahan-bahan kampanye itu telah disortir dan dihitung sesuai dengan jumlah yang ditetapkan sebelum didistribusikan kepada masing-masing tim kampanye pasangan calon peserta pilkada.

“Sekarang ini, seluruh bahan kampanye sudah diambil oleh semua tim kampanye pasangan calon. Kalau untuk pembagian, kami serahkan kepada masing-masing tim kampanye saat melakukan sosialisasi,” katanya.

Meski demikian, Henry pihaknya akan berkoordinasi dengan Panitia Pengawas (Panwas) Kota Semarang untuk mengantisipasi jika ada tindak duplikasi, termasuk penempelan di titik-titik larangan.

Sementara itu, anggota KPU Kota Semarang Agus Suprihanto menambahkan kewenangan pihaknya hanya sampai sebatas menyerahkan bahan kampanye itu, sementara distribusi merupakan hak tim kampanye.

Ia mengatakan tim kampanye masing-masing pasangan calon sudah diminta untuk menaati aturan, seperti larangan menempel di titik atau tempat yang sudah ditentukan, antara lain sekolah dan tempat ibadah.

“Para tim kampanye bisa pula membagikan bahan kampanye ini pada saat melakukan sosialisasi. Yang jelas, kami akan tetap berkoordinasi dengan Panwas terkait penyebarannya sesuai aturan atau tidak,” tegasnya.

Pilkada Kota Semarang diikuti tiga pasangan calon, yakni Soemarmo HS-Zuber Safawi (MaZu), Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hebat), dan Sigit Ibnugroho Sarasprono-Agus Sutyoso (SibAgus). (BJ05)