Home News Update KPU Jateng Siap Menggelar Pilkada Serentak di 16 Kabupaten/Kota

KPU Jateng Siap Menggelar Pilkada Serentak di 16 Kabupaten/Kota

Djoko Purnomo

Semarang, 6/1 (BeritaJateng.net) – Bupati/walikota di Jawa Tengah yang akan habis masa jabatannya pada tahun 2015 tercatat sebanyak 16 orang. Keenambelas kabupaten/kota tersebut menyatakan kesiapannya untuk menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak pada akhir 2015 atau awal 2016.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Tengah Djoko Purnomo mengungkapkan, Infrastruktur dan dana untuk pelaksanaan pilkada serentak tersebut sudah siap, tinggal menunggu keputusan dari DPR RI terkait dengan Perppu Pilkada yang akan dibahas pada bulan Januari ini.

“Kami siap melaksanakan pilkada di enam belas kabupaten/kota begitu keputusan itu keluar,” ungkapnya sesaat setelah melakukan rapat kerja dengan Komisi A DPRD Jateng, Selasa (6/1), di Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang.

Djoko menambahkan, pihaknya siap melaksanakan apapun keputusan dari DPR RI. Dia menganalogkan kalau bulan Januari ini sudah bisa diputuskan, maka tahapan pilkada bisa dilakukan dan pelaksanaannya direncanakan pada tanggal 16 Desember 2015. Namun kalau molor, pilkada diperkirakan dilaksanakan pada awal tahun 2016.

“Ibarat mobil kami tinggal start dan lari kencang,” tegasnya.

Keenam belas kepala daerah yang habis masa jabatannya pada tahun 2015 adalah Kota Semarang, Kab Rembang, Kab Purbalingga, Kab Kebumen, Kota Surakarta, Kab, Boyolali, Kota Pekalongan, Kab Blora, Kab Kendal, Kota Magelang, Kab Sukoharjo, Kab Semarang, Kab Purworejo, Kab Wonosobo, Kab Wonogiri dan Kab Klaten. (BJ013)

Advertisements