KPU Jateng Buka Peluang Calon Independent Maju Pilgub Jateng

KPU Jateng Buka Peluang Calon Independent Maju Pilgub Jateng
              Semarang, 12/9 (BeritaJateng.net) – Selain Calon Gubernur yang diusung partai, KPU Jawa Tengah memberikan kesempatan kepada pasangan calon independent atau perseorangan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah  tahun 2018.
                 Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, untuk menentukan jumlah minimum dukungan kepada calon perseorangan KPU Jateng menggunakan dasar jumlah daftar pemilih tetap atau DPT pada pemilihan terakhir.
                   “Untuk menentukan jumlah minimum dukungan kepada para calon perseorangan mengunakan dasar jumlah daftar pemilihan tetap (DPT) pemilihan terakhir),” ujarnya saat press rillis di Kantor KPU senin (11/9) siang
                 Untuk rincian diambil dari jumlah DPT pada pemilihan Presiden tahun 2014 dari 7 kabupaten kota yang belum menyelenggarakn pilkada. Dan DPT kabupaten banyumas yang akan menyelenggarakan pilkada pada tahun 2018. Serta rincian lainnya dari jumlah DPT daerah yang sudah menggelar pilkada pada tahun 2014 dan 2017. Total jumlah DPT pada pemilihan terakhir yakni sejumlah 27.409.316.
                   Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 pasal 9 huruf d, bahwa provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat dalam DPT Pemilu Terakhir lebih dari 12.000.000 jiwa harus didukung sedikitnya  6,5 persen.
                   “Prosentase dukungan minimal 6,5 persen sesuai dengan undang undang yakni DPT terakhir sebesar 27 juta, . hasilnya ditemukan jumlah dukungan minimal untuk calon perseorangan yakni  1.781.606.” tegasnya.
                   Meski demikian, joko mengatakan masih ada persyaratan lain/yakni tentang daerah sebaran pendukung.
                    Pendaftaran calon perseorangan dimulai pada tanggal 22 November. Setelah diberikan kesempatan untuk melengkapi persyaratan pendaftar perseorangan yang lolos akan diumunmkan pada 26 Desember 2017.
                 Tujuh daerah di Jawa Tengah  akan menyelenggarakan Pilkada tahun 2018 bersama dengan Pilgub. Ke tujuh daerah tersebut yakni Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kudus, Karanganyar, Kabupaten Magelang, Temanggung dan Banyumas. (Nh/El)

Tulis Komentar Pertama

TINGGALKAN TANGGAPAN