Home Headline KPU Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2020

KPU Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2020

236
KPU Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2020

BLORA, 27/9 (BeritaJateng.net) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora Sabtu (26/9), menggelar Deklarasi damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bersama tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan ikut kontestan di Pilkada serentak mendatang.

Deklarasi digelar di gedung Mustika Blora, atau PKPRI dikuti, Forkompimda Kabupaten Blora. Dengan protokoler kesehatan super ketat, serta dijaga ratusan personil petugas gabungan TNI – POLRI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Diawali dengan tanda tangan komitmen bersama oleh tiga pasangan calon Bupati dan wakil Bupati untuk menggelar kampanye damai yang aman dan sehat ditengah Pandemi Covid 19, diikuti Forkompimda, anggota Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, dengan tegas tidak akan memberikan ijin untuk kampanye jika menimbulkan kerumunan massa, dan akan membubarkan secara tegas jika pelaksanaan kampanye nantinya melanggar aturan baik Peraturan Bupati (Perbub) No. 55 atau Inpres No. 6 tahun 2020, tentang penindakan disiplin Protokol Kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid 19.

“Masa kampanye sudah dimulai, secara tegas saya katakan, kami tidak akan memberi ijin bagi siapa saja yang mengundang kerumunan massa,” tegas Kapolres AKBP Ferry Irawan kepada seluruh peserta yang hadir (Sabtu, 26/9/2020).

Kapolres juga akan tegas membubarkan kampanye, jika mengundang kerumunan massa. Dan melanggar Protkes.

Sementara ketiga Paslon sebagai peserta kampanye menyetujui apa yang disampaikan KPU dan petugas keamanan. Mereka berkomitmen sepakat berkampanye aman dan sehat ditengah Pandemi Covid 19.

Usai deklarasi ketua KPU Blora, Muhammad Hamdun mengatakan, tujuan dari deklarasi ini jangan hanya formalitas saja, namun harus ada komitmen bersama dari ketiga calon untuk melaksanakan apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama.

“Deklarasi ini saya ingin mengajak ketiga Paslon secara tegas menjaga komitmen bersama mulai dari kampanye hingga tahapan akhir,” jelas Hamdun

Pertama lanjutnya, menjaga kondusifitas mulai tahapan kampanye hingga akhir, kedua untuk dapat mengendalikan massanya dan yang tidak kalah penting, menjaga Protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid 19. (Her/El)