Home Hukum dan Kriminal KPU dan Polres Blora Tandatangani MoU Pengamanan Pilkada

KPU dan Polres Blora Tandatangani MoU Pengamanan Pilkada

466
       Blora, 10/1 (BeritaJateng.net) – Penandatanganan nota kesepakatan dan perjanjian kerjasama pengamanan Pemilu 2019 yang dilakukan oleh Polres Blora dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora telah dilaksanakan hari Rabu (09/01/19) kemarin siang. Kerjasama dilakukan mengingat pelaksanaan pesta demokrasi yang sudah di depan mata pada bulan April mendatang. Selaku aparat keamanan, Kepolisian wajib menjamin keamanan masyarakat saat menggunakan hak pilihnya.
        Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, S.I.K, M.H, usai acara mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah tindak lanjut yang sudah dilakukan di tingkat pusat dan diteruskan ke tingkat daerah. Pada intinya antara KPU dan Polres Blora memiliki komitmen bersama untuk melaksanakan tugas penyelenggara dan pengamanan Pemilu 2019 agar berjalan sesuai rencana.
       “Penandatanganan ini menjadi kunci pokok dalam menjaga pelaksanaan pemilu 2019 agar dapat berjalan lancar, damai dan sukses,” ujarnya.
       Kapolres menjelaskan akan mengerahkan 2/3 kekuatan ketika disinggung mengenai persiapan jumlah kekuatan personil Polres Blora yang akan dikerahkan pada tahapan kampanye dan tahap pungut.
       “Untuk tahapan kampanye kali ini sudah kita kerahkan 221 personil, sedangkan nanti pada saat tahap pungut kita akan siapkan hampir 500 personil. Namun jumlah ini masih dinamis karena dimungkinkan adanya perubahan jumlah TPS dan perkembangan situasi kamtibmas,” Ujar AKBP Anang.
       Lebih lanjut Kapolres menambahkan intinya Polri bekerjasama dengan KPU terutama dalam hal pengaman baik logistic maupun pengamanan pada pelaksanaan kampanye, pencoblosan, masa tenang, tahap pungut sampai penetapan.
        “Yang penting pelaksanaan setiap kegiatan dalam tahapan pemilu 2019 ini, kita amankan seupaya tidak terjadi permasalahan yang dapat mengganggu dan menghambat pesta demokrasi ini,” tandasnya.
        Sementara itu ketua KPU Kab. Blora mengatakan acara pendatanganan MOU ini sebagai penegasan antara KPU dan Polres Blora dalam tahapan Pemilu 2019. Meskipun kerjasama ini sebenarnya sudah kita lakukan semenjak tahapan awal Pemilu serentak tahun 2019 dimulai.
        “Sebelumnya sudah terjalin kerjasama dan saling kordinasi dengan Polres Blora dalam hal pengamanan. Namun dengan dilaksanakannya pendatanagan nota kesepahaman dan MOU ini sebagai penegasan kesiapan penyelenggaraan dan pengamanan pemilu 2019,” pungkasnya. (El)