Home Headline KPU Blora Segera Terbitkan DPT Pilkada 2020

KPU Blora Segera Terbitkan DPT Pilkada 2020

218
Ketua KPU Blora, Khamdun.

BLORA, 29/9 (BeritaJateng.net) – Tanggapan masyarakat tentang Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditempel di Balai Desa dan pos kampling segera berakhir.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, segera menyusun dan menetapkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) sebagai data vital agenda besar pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Untuk menyusun DPSHP, diawali dengan uji publik terhadap DPS yang digelar oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 295 desa dan kekurahan se-Kabupaten Blora, pekerjaan selanjutnya adalah perbaikan DPS oleh PPS masing-masing.

“Uji publik di semua PPS sudah rampung Senin (28/9/2020), tujuannya menjaring masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DPS,” jelas Komisioner KPU Blora, Achmad Husain, Selasa (29/9/2020).

Dari uji publik itu, lanjut Divisi Teknik Penyelenggaraan KPU setempat, didapat koreksi DPS untuk dlakukan penyempurnaan dan perbaikan dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

“Peserta uji publik DPS mulai Ketua RT, RW, tokoh masyarakat, perangkat desa atau kelurahan, tim kamanye paslon dan lainya di tiap desa atau kelurahan,” tambah Husain.

Selanjutnya hasil uji publik tersebut, akan dijadikan dasar penyusunan DPSHP yang dijadwalkan mulai Selasa (29/9/2020) hingga Sabtu (3/10/2020), dengan rekapitulasi dan penyampaian DPSHP oleh PPS ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

DPS 703.470 Pemilih

“Penyampaian DPSHP ke PPK jadwalnya 4-6 Oktober 2020, dan jadwal dari PPK ke KPU Kabupaten 7-9 Oktober 2020,” terang Achmad Husain.

Menurut anggota KPU asal Cepu ini, penyusunan (rekapitulasi) daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada di tingkat KPU, dijadwalkan pada 9-16 Oktober 2020, dan setelah beres DPT akan diserahkan ke PPS untuk diumumkan ke mayarakat.

“Nanti PPS berkewajiban mengumumkan DPT, agar masyarakat bisa mengoreksi dan melihat langsung,” kata Divisi Teknik Penyelenggaraan KPU kota sate itu.

Diberitakan Suarabaru.id, Minggu (13/9/2020), KPU Kabupaten Blora telah menetapkan DPS Pilkada 2020 di kabupaten paling timur di Jateng ini totalnya sebanyak 703.470 pemilih (orang).

DPS sebanyak itu, tersebar meluas di 295 desa-keluran atau 16 wilayah kecamatan di kabupaten paling timur di Prinvisni Jawa Tengah, terbagi 348.004 pemilih laki-laki, dan 355.466 pemilih perempuan.

Menurut Sekretaris KPU setempat, Edy Purwantoro, DPS pemilihan Bupati-Wakil Bupati 2020 sudah diumumkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran, dan penetapan DPS Pilbup di ruang rapat KPU.

Hadir di acara tersebut, ketua dan anggota KPU Blora, pejabat Dindukcapil, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bersama Divisi Pemutakhiran Daftar Pemilih (Mutarlih), ketua tim kampanye pasangan calon (Paslon) serta pengawas.

Sekretaris KPU menambahkan, setelah pleno terbuka hari ini nantinya akan ada proses verifikasi untuk menentukan daftar pemilih tetap (DPT), sehingga jumlah pemilih bisa bertambah dan juga bisa berkurang. (Her/El)